Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com –  Mendekati hari pelaksaan Pilkades Serentak, suhu politik di desa terasa kian menghangat. Persaingan diantara sesama Calon Kades pun kian meruncing. Kadang diwarnai dengan persaingan yang tidak sehat, bukan adu program unggulan.

Paling tidak, hal tersebut dirasakan Cecep Surahman Calon Kades Mekarwangi Kecamatan Haurwangi Nomor Urut 3. Tudingan miring dan ungkapan yang kurang sedap, dilontarkan pada dirinya.

Pasalnya, Calon Kades Nomor Urut 3 ini, menggulirkan program yang pro rakyat. Yakni, memberikan bantuan pada setiap RW sebesar Rp 10 juta pertahun dan membebas Pajak Bumi & Bangunan bagi warga Desa Mekarwangi yang pembayaran pajaknya paling tinggi Rp 100 ribu.

Program yang digulirkan Cecep Surahman itu mengundang reaksi pro dan kontra. Bagi yang kontra menyebutkan itu program yang mustahil dan program itu digulirkan hanya untuk meraih simpati warga saja.

Mengenai hal tersebut, Cecep Surahman menaggapinya dengan kepala dingin. Malah Cecep menegaskan, program yang digulirkannya itu bukan janji, tapi bukti dan akan jadi kenyataan jika dirinya kembali memimpin Desa Mekarwangi.

Buktinya lanjut Cecep, pada periode lalu, program bantuan untuk 8 DKM terealisasi dengan baik Bantuan diberikan saat menjelang Idul Fitri.

Pada periode ke dua, Cecep Surahman menggulirkan program bantuan pakaian gamis untuk ibu-ibu pengajian. Hal itu sama terealisasikan sesuai dengan janjinya. Tiap tahunnya minimal 25-40 potong gamis untuk ibu – ibu pengajian yang ada di 8 Majlis talim.

Kini pada saat pencalonan dirinya yang ke 3 kalinya, Cecep Surahman memprogramkan dana bantuan Rp. 10 Juta untuk tiap ke RW-an dan PBB gratis bagi warga yang tanggungan PBB nominalnya  Rp. 100 ribu kebawah. Itu semua akan dibayar pihak Kades Mekarwangi.

“ Saya yakin dan percaya, dua program tersebut, akan terealisasi sebagaimana yang telah dicanangkan, Insya Alloh  Cecep Surahman akan melaksanakan program kerjanya sesuai dengan amanah dan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Ustadz Yayan Tadim, Senin (26/01), saat diminta komentarnya tentang program unggulan Calon Kades Mekarwangi Nomor Urut 3.

Sementara itu, Calon Kades Mekarwangi Nomor Urut 03 Cecep Surahman menambahkan, seluruh program yang sudah direalisasikan dua prode lalu itu, seluruhnya berdasarkan  hasil pemikiran dan kajian yang matang. Selanjutnya dimasukan pada RPJMDes dan RAPBDes. Hingga bisa terealisasikan dengan baik.

Begitu pun pada periode mendatang, pihaknya memiliki program  dana bantuan pembangunan ekonomi Rp. 10 Juta untuk disetiap Ke RW-an. Membebaskan  PBB untuk warga Desa Mekarwangi yang memiliki tanggungan PBB maksimalnya Rp. 100 ribu.

Cecep menegaskan, program itu digulirkan berdasarkan hasil pemikiran dan kajian yang matang dan maksimal. Maka, bila masyarakat mempercayai lagi dirinya menjadi Kades Haurwangi untuk yang ketiga kalinya, maka dua program unggulan itu, akan direalisasikan sesuai dengan Visi Misi yang ada.

“ Bila masih ada masyarakat yang ragu tentang dua program itu, utamanya mengenai sumber dana untuk merealisasikan  rogram itu, saya tegaskan dan jelaskan, semua itu akan dibayarkan dari penyisihan penghasilan tetap dan dari tunjangan kepala desa itu sendiri,” jelas Cecep Surahman, Selasa (28/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here