Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Camat Haurwangi Iwan Karyadi, secara simbolis memberikan Nasi kotak pada para Ketua RT & RW yang ada di Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi Cianjur, Minggu (3/5). Nasi kotak tersebut selanjutnya akan diberikan pada warga kurang beruntung di setiap RT.  

Kegiatan tersebut diselenggarakan di lingkungan Kantor Desa Mekarwangi. Hadir pada acara tersebut, Kepala Desa Mekarwangi Cecep Surahman, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD, PKK dan Retana Desa Mekarawangi.

Nasi kotak tersebut adalah hasil olahan ibu-ibu PKK Desa Mekarwangi. Pemberian nasi kotak tersebut, tiada lain untuk membantu warga desa dalam rangka program ketahanan pangan dampak Covid-19.

Iwan berharap, dengan adanya bantuan nasi kotak itu, dapat membantu meringankan beban warga yang kurang beruntung. Hingga mereka bisa menikmati hidangan berbuka puasa, meski dengan hidangan yang ala kadarnya.

Iwan juga memohon pada seluruh warga Kecamatan Haurwangi, khususnya warga Desa Mekarwangi untuk selalu mengikuti anjuran dan petunjuk pemerintah dalam mengatasi penularan  Covid-19.

“ Semoga pandemi Covid-19 ini, dapat segera hilang dari muka bumi, khususnya di Indonesia,” harap Iwan.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarwangi Cecep Suraman menambahkan, dapur umum ketahanan pangan dampak Covid-19 yang dilaksanakan di Desa Mekarwangi itu merupakan yang ke 2 kalinya. Sedangkan yang pertama dilakukan adalah pada awal puasa.

Cecep menjelaskan, di dapur umum tersebut, ibu-ibu PKK membuat olahan untuk hidangan buka puasa. Yaitu berupa nasi kotak yang selanjutnya diberikan pada warga disetiap RT. Maksimal 0 orang disetiap RT. Bagi warga yang tidak kebagian sekarang, akan diberi pada putaran seterusnya.

“ Untuk itu, pagi harinya ibu-ibu PKK telah mendata warga dan memberitahukannya, nanti sore akan diberi hidangan buka puasa berupa nasi kotak, jadi saat membagikannya tidak kesulitan dan tepat waktu dan tepat sasaran,” jelas Cecep Suraman.

Dilain pihak, salah seorang Ketua RT 03/03 Kampung Pasir Junti, Ridwan (40) mengatakan,  pihaknya membagikan nasi kotak, pada 10 orang warga yang ada di 3 Kepala Keluarga (KK).

kLebih lanjut Ridwan mengatakan, Keluarga yang akan diberi bantuan nasi kotak, pagi harinya didata dan diberi tahu agar nanti sore jangan masak untuk buka puasa. Karena nanti akan diberi hidangan saum, nasi kotak untuk buka puasa dan sorenya langsung dikirim nasi kotak. Kegiatan itu benar-benar bermanfaat. Karena warga yang kurang beruntung tidak masak untuk buka pusa. “ Kami merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih pada Pemkab Cianjur, Camat Haurwangi dan pada Kepala Desa Mekarwangi yang telah peduli terhadap warganya, hingga hidangan nasi kota itu diterima warga dengan senang hati,” ucap Ridwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here