Camat Cugenang Melarang Panitia Pilkades Di Wilayahnya Pungut Anggaran Dari Calon Kepala Desa

0
62
Camat Cugenang Komariah S. IP M.AP / photo sandi

Laporan : Sandi

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di wilayah Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur telah dilaksanakan, mulai dari sosialisasi/pengumuman pencalonan kepala desa, pendaftaran, penetapan DPS hingga DPT dan tahapan lainnya.

“Ya, tahapan demi tahapan pelaksanaan pilkades untuk 6 desa di wilayah Kec Cugenang telah dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya tentu kita terus melakukan monitoring dengan harapan supaya dalam pelaksanaannya bisa berjalan aman dan lancar/clean and clear, ” kata Camat Cugenang Komariah S. IP M.AP saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 24 Mei 2022.

Karena Pilkades saat ini dilakukan secara serentak, lanjut Komariah, pihaknya tetap mengikuti/melaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan Pemerintah Kab Cianjur.

“Artinya panitia pelaksana Pilkades harus mengikuti aturan – aturan/peraturan yang berlaku dalam pelaksanaannya, supaya tidak menyalahi aturan, ” tegasnya.

Disinggung terkait anggaran, Camat Cugenang menyampaikan, untuk anggaran pilkades bersumber dari APBD tahun 2022 sesuai Perda Nomor 11/2019 ditambah jumlah hak pilih sehingga nominalnya pun akan berbeda – beda.

“Nah, maka dari itu, panitia pelaksana pilkades tidak dibenarkan untuk meminta anggaran kepada calon kepala kepala desa. Hal itu dilakukan karena dikhawatirkan akan menjadi masalah dikemudian hari, ” ungkapnya.

Terakhir, dirinya mengimbau agar panitia pilkades bersikap netral, sekalipun ada kedekatan emosional atau keberpihakan terhadap salah seorang calon. “Artinya kita harus jujur dan adil dalam melaksanakan perhelatan pesta demokrasi tingkat desa ini, ” imbuhnya menutup wawancara di ruang kerjanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here