Ruangan perpustakaan Desa Gunungsari Kecamatan Ciranjang

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Ruangan Perpustakaan (Perpus) ukuran 10 X 4,5 meter,  yang posisinya berada di dalam ruangan Kantor Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, diresmikan Camat Ciranjang Drs. Wahyu. Kamis (01/08). Acara tersebut ditandai dengan menandatangani prasasti oleh Camat Ciranjang, Selanjutnya,prasasti tersebut ditempel di dinding ruangan Perpus. 

Saat acara berlangsung, nampak hadir Babinmas, Babinsa, Kepala Desa, Ketua PKK Desa, BPD, LPM, Krangtaruna, Tokoh Masyarakat dan beberapa orang Ketua RT/RW Desa Gunungsari. 

Pada kesempatan itu Camat Ciranjang Wahyu (57) mengatakan,  pihaknya merasa bersyukur. Karena  Pemerintahan Desa Gunungsari telah mampu mendirikan ruangan Perpus Desa yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitasnya. 

Seperti,  ruangan ber AC, berbagai jenis buku bacaan, rak buku, kompiuter, jaringan wi-fi,  meja, kursi untuk membaca, karpet dan alat penunjang lainnya. 

Wahyu berharap, apa yang telah dilakukan Desa Gunungsari dapat diikuti desa lainnya yang ada di Kecamatan Ciranjang. Karena dengan adanya Perpus akan mampu menarik minat baca dan mampu pula meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat itu sendiri.  

Sementara itu, Kepala Desa Gunungsari Osip Hidayat menambahkan, didirikannya ruang Perpus, itu merupakan Program Literasi Perpustakaan Desa. Karena setiap desa diwajibkan menyediakan ruangan Perpus. 

Untuk itu, Pemerintahan Desa Gunungsari, mendirikan ruangan Perpus. Pembangun Perpus itu dibiayai dari dana bantuan Dana Desa (DD) tahap 2, tahun anggarn 2019, dengan menghabiskan biaya senilai Rp. 71 juta. 

“ Kami berharap, dengan adanya ruangan Perpus Desa, maka seluruh masyarakat terutama para pelajar warga Desa Gunungsari, supaya mampu memanpaatkan Perpus Desa, seluruh buku-buku yang ada bukan sebagai pajangan melainkan untuk dibaca, demi meningkatnya pengetahuan masyarakat itu sendiri,” ucap Osip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here