Camat Cibeber Dorong Pelaku UMKM Berinovasi Ciptakan Produk Unggulan

0
116

Laporan : Taufik Winata

Editor : Yanto Hidayat

CIANJUR, Metropuncaknews.com – Melimpahnya hasil pertanian dan kekayaan alam di sejumlah desa di wilayah kecamatan Cibeber, Camat Cibeber Epi Rusmana mendorong para pelaku UMKM untuk berinovasi ciptakan produk unggulan baru.

Dalam mensosialisasikannya Camat Cibeber Epi Rusmana, mengunjungi salah satu  gerai UMKM di desa Sukaraharja kecamatan Cibeber Cianjur, Jawa Barat, Kamis,(29/09/2022).

Gerai UMKM yang dikunjungi, adalah salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan bahan dari hasil pertanian dan alam seperti pisang dan belut, yang telah sukses menembus pasar modern.

Dengan melimpahnya trubus hasil pertanian di sejumlah desa, camat pun memberikan gagasan kepada pelaku UMKM tersebut untuk mengolah trubus menjadi produk makanan, dan ternyata gagasannya disambut baik oleh pelaku UMKM dengan mengolah trubus menjadi bolu trubus, serta pepes belut trubus.

Kini bolu trubus dan pepes belut trubus telah menjadi ikon baru produk unggulan UMKM khas Cibeber.

Camat berharap, dengan memanfaatkan hasil pertanian untuk diolah menjadi makanan produk UMKM sehingga akan terjadi simbiosis mutualisme antara petani dengan pelaku UMKM dalam mengoptimalkan potensi hasil pertanian dan alam asli khas Cibeber.

“Kami mencoba untuk dapat memberikan ide serta gagasan kepada para pelaku UMKM di kecamatan Cibeber, untuk berinovasi ciptakan produk unggulan khas Cibeber,” ungkap Epi kepada Metropuncaknews.com, Kamis,(29/09/2022).

Langkah yang dilakukannya sebagai upaya pemberdayaan UMKM di kecamatan Cibeber,serta membangkitkan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19.

” Ini adalah satu upaya kami untuk memberdayakan UMKM di kecamatan Cibeber, dengan berinovasi produk dengan menciptakan produk yang baru akan bisa lebih berpeluang besar di pasaran,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here