Para Kepala Desa di Kecamatan Campakamulya lakukan sertijab, dengan menerapkan Sosial Distancing, dan menggunakan masker Selasa (14/4). Foto: Zenal Mustari metropuncaknews.com

Laporan : Zenal Mustari

Cianjur, metropuncaknews.com — Camat Campakamulya  Kabupaten Cianju, Jabar, Candra Dwi Kusumah mengingatkan para Kepala Desa (Kades) tidak serta merta mengganti perangkat desa. Sebab selain harus fokus dulu pada pencegahan terhadap wabah Covid-19, untuk pergantian perangkat desa tidak lah gampang. Karena harus berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup).

” Di Perbup itu kan jelas kalau bisanya mengangkat dan memberhentikan perangkat desa itu karena ada tiga alasan, satu karena meninggal dunia, mengundurkan diri, dan diberhentikan karena memang melakukan kesalah,” kata Candra pada wartawan disaat ditemui usai menyaksikan kegiatan Sertijab Kades. Selasa, (14/4).

Dijelaskan Candra, diberhentikan ini banyak poin dan kenapa sampai diberhentikan oleh kades. Artinya, kades tidak serta merta bisa meberhentikan karena sebelumnya harus dikonsultasikan dengan semua pihak, termasuk dengan camat.

” Walau secara tenis pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa itu melalui SK Kades. Namun itu juga harus berdasar pada rekomendasi camat,” katanya menegaskan.

Lanjut Candra, pihaknya tidak mempermasalahkan pergantian perangkat desa. Hanya saja harus menyesuaikan dengan peraturan pemerintah. “ Semua itu ada aturannya, seperti dimulai dari regulasi UU turun PP, dan Permen, sampai Perbup, sudah mengatur tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here