Laporan : Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Bupati Cianjur beserta Kapolres, Dandim, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPRD Kabupaten Cianjur, Rabu ( 31/3/2021) secara serempak tanam 12 pohon picung. Penanaman picung tersebut, dilakukan di lahan Agro Edukasi Wisata dan lahan kosong di Desa Sukajaya Kecamatan Bojongpicung.

Bupati Cianjur H. Herman Suherman menjelaskan, menanam 12 ribu pohon Picung di Kecamatan Bojongpicung itu, selain merupakan Ikon Kecamatan Bojongpicung, juga sekaligus merealisasikan Program Citarum Harum. Karena dari bagian ulu aliran anak sungai Citarum hutannya ditanami berbagai pohon, termasuk pohon picung.

Maka dengan itu, pihaknya mengimbau pada seluruh masyarakat Kabupaten Cianjur, harus peduli dan menanam berbagi jenis pohon. Karena menanan pohon itu tidak rugi melainkan beruntung untuk semua pihak.

Menanam pohon Picung yang nota bene sebagai ikon nama Kecamatan Bojongpicung,, itu merupakan percontohan untuk seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Supaya kecamatan lain yang namanya sama dengan nama pohon kenapa tidak, itu harus melestarikan nama pohonnya.

Seperti Cikadu, nanam pohon duren (kadu). Campaka, nanam pohon Campaka dan seterusnya. “ Hal itu perlu dilakukan supaya generasi yang akan datang mengetahui nama tempat yang berasal dari nama pohon,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya, Arif Ahmad Rifai menambahkan, tiga bulan sebelumnya Pemerintahan Desa Sukajaya kerja bareng dengan Perhutani, pengurus Agro Edukasi Wisata, karang taruna dan masyarakat membuat pembibitan pohon picung sebanyak kurang lebih 12 ribu pohon.

Sekarang baru bisa direalisasikan penanamannya dengan mengundang Bupati Cianjur, Polres Cianjur, Dandim, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kabupaten Cianjur, Camat dan seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung.

“ Hal itu dilakukan selain untuk memperindah tempat wisata Agro Edukasi Wisata juga memanfaatkan puluhan hektar lahan kosong milik Desa Sukajaya dan sekaligus melaksanakan berbagai program pemerintah diantaranya Program Citarum Harum,” ujar Arif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here