Bupati Cianjur Didesak PMP4KC Tandangani Persetujuan Bersama Soal Pemekaran Kota Cipanas

0
247

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Bupati Cianjur Herman Suherman dan DPRD Cianjur, terus didesak Tim Perkumpulan Masyarakat Pengawas Pembangunan dan Percepatan Pembentukan Kota Cipanas (PMP4KC), agar segera menandatangani persetujuan bersama terkait dengan pemekaran Wilayah Utara Kota Tatar Santri itu.

“Betul, Pak Bupati Cianjur mendukung soal pemekaran Kota Cipanas, tapi yang kami butuhkan adalah supaya beliau sesegera mungkin menandatangani persetujuan bersama antara Bupati dan DPRD Cianjur, sehingga segera diparipurnakan,” kata Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) PMP4KC, Peno saat dihubungi, Selasa 18 Januari 2022 kemarin.

Hal tersebut dilakukan PMP4KC, lanjut Peno, lantaran dalam pidato politiknya 17 Agustus 2020 lalu, Herman Suherman selalu menyampaikan kepada masyarakat khususnya wilayah Utara Cianjur, akan mendukung pemekaran Kota Cipanas. Maka dari itu, Tim PMP4KC menagih janji tersebut.

“Saat itu Bupati Cianjur Herman Suherman, sering membacakan dukungannya soal pemekaran Kota Cipanas di seluruh kecamatan. Termasuk diantaranya pafa saat pidato politik masa kampanye beliau. Nah, makanya kami mau menagih janji tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, jika Pemkab Cianjur masih beralasan terkait persyaratan untuk pemekaran ini, yang salah satunya soal tata ruang, itu sebetulnya sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kami hanya mendesak persetujuan bersama antara Bupati dan DPRD,” ujar Peno menuturkan.

Upaya yang dilakukan tim PMP4KC, hingga saat ini telah melayangkan surat untuk audiensi bersama Bupati Cianjur. Namun sudah satu bulan ini belum ada jawaban atau panggilan.

“Kami meminta terhadap anak buahnya untuk segera ada respon. Karena kami sudah melayangkan surat audensi kepada Bupati Cianjur, tapi sayangnya belum ada disposisi sama sekali untuk itu. Kami berharap kalau memang betul-betul mendukung,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, terkait dengan alasan Bupati Cianjur bahwa pemekaran Kota Cipanas ini adalah urusan Pemerintah pusat, pihaknya pun memang membenarkan itu.

“Namun eloknya, Bupati justru lebih mendukung dan menandatangani dahulu persetujuan bersama tersebut sebagai persyaratan. Karena itu merupakan salah satu tiket untuk disetujui tidaknya tentang pemekaran ini di pusat,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, untuk pemekaran Kota Cipanas tentunya terus didorong, agar persyaratan dan sebagainya bisa terlaksana lebih baik.

Bahkan, untuk tata ruang dan RPJMD-pun Pemkab telah melangsungkan itu bagi pemekaran Kota Cipanas. Sehingga mudah-mudahan tentang daerah otonomi baru bisa segera terwujud.

“Kita terus dukung pemekaran di Cianjur ini. Tapi memang karena terkendala moratorium dari pusat, makanya kami masih menunggu,” ujarnya saat ditemui di Kecamatan Cipanas, Senin 17 Januari 2022 kemarin.

Sebenarnya ia sangat mendukung untuk pemekaran tiga wilayah di Cianjur ini, yang diantaranya Kota Cipanas, Cianjur Selatan, dan Cianjur induk.

“Tentunya ini harus dikaji bersama-sama, supaya harapan warga Cianjur dapat terwujud,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here