Persmian Situs Sipatuhunan jadi Kampong Wisata

Laporan : Ruddy Cahyo

Kab.Bandung, metropuncaknews.com – Situs Sipatahunan yang berada di Kec.Baleendah Kab. Bandung, diresmikan Bupati Kab. Bandung Dadang M.Nazer menjadi Kampung Wisata Budaya Situ Sipatahunan, (28/4/2019).

Peresmian tersebut berbarengan dengan acara HUT Kab.Bandung yang ke 378. Pada kesempatan itu, Bupati Bandung juga menggelar acara Festival Situ Sipatahunan. Pada acara festival tersebut disertakan pameran Kuliner dari masing masing daerah yang ada di Kec.Baleendah Kab.Bandung. 

Kadis Budpar Kab Bandung Drs.H. Agus Firman menyampaikan, apresiasi kepada masyarakat sekitar Situ Sipatahunan. Karena menurutnya dari tahun ke tahun Situ Sipatahunan semakin baik dan semakin bersih.

” Salah satu indikatornya, yaitu ikan yang 2 tahun kami tanam ternyata sekarang terpelihara dengan baik, terkait kegiatan hari ini merupakan Festival Situ Sipatahuanan yang merupakan Festival Budaya yang ke 3 kalinya dengan tema “Bermain di Situ Sipatahunan” dengan menampilkan Seni Budaya dan Kuliner Situ Sipatahunan dan hal ini merupakan upaya untuk mengemas Festival Budaya yang layak untuk ditonton, katanya, sedikit berdiplomasi.
Pada acara peringatan ulang tahun Kab Bandung yang ke 378 di Situ Sipatahunan itu, Bupati juga melaksanakan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan. Kegiatan itu dilakukan secara simbolis dan secara resmi membuka Festival Kampung Budaya Situs Sipatahunan .

Dalam sambutannya Bupati Bandung Dadang M.Nazer mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Festival Situs Sipatahunan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Pada acara itu, orang no 1 di Kab.Bandung ini juga berjanji untuk berperanaktif menata Situs Sipatahunan agar lebih baik lagi.

” Saya sebagai Bupati Bandung akan terus menata dan menginstrusikan untuk menata Situs Sipatahunan agar kedepan bisa lebih bagus lagi hingga dimasa-masa yang akan datang jadi lebih menarik dan juga tempat joging, tracknya diperbaiki lagi,” ujar Dadang Nazer.

Selain itu, Dadang Nazer juga mengapresiasi pentas seni yang di tampilkan. Dadang berharap, untuk kedepan bisa ada pasar terapung untuk menyajikan kuliner. Karena wisata ini ada kaitannya dengan kuliner.

Selanjutnya Dadang juga berpesan, agar masyarakat ikut menjaga dan melestarikan alam. Terutama Situs Sipatahunan agar bisa terus menjadi cadangan dan sumber air dimusim kemarau dan menjadi pengendali banjir disaat musim hujan.

” Meskipun di Andir masih banjir sedang kita upayakan supaya bisa tertangani, karena menangani banjir itu tidak mudah tidak bisa sendiri hanya oleh pemerintah saja. Harus bersama-sama seluruh komunitas dan seluruh masyarakat Kab Bandung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan harus ada kesadaran semua pihak masyarakat Baleendah,” ujarnya menegaskan.

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Kab.Bandung, Kadis Budpar, Kepala BPBD Kab Bandung, SKPD, Camat Baleendah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat  Kec.Baleendah, Danramil, Kapolsek, Tokoh Budaya, Pelajar, Mahasiswa, Tokoh Pemuda, Linmas, Satpol PP, Ormas dan OKP serta para tamu undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here