Hewan qurban yang dijual Bumdes Kertasari

Laporan : Sam As

Cianjur, metropuncaknews.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Abadi, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, keseharian bergerak dalam usaha jual beli ternak domba, kambing dan sapi. Tentu saja dalam menghadapi hari Raya Idul Adha, jajaran pengurus Bumdes tersebut menjual hewan untuk qurban. Hwan-hewan  tersebut dijajakan di pinggir jalan raya Cianjur – Bandung. Tepatnya di pertigaan jalan Cipeuyeum.

Menurut keterangan. Bumdes Karya Abadi tersebut, tiap harinya mampu menjual hewan qurban sebayak 5 sampai 7 ekor domba dan kambing. Sedangkan hewan qurban sapi hingga kini belum ada yang terjual satu ekor pun. Tapi pihaknya optimis sampai akhir waktu pemotongan hewan qurban seluruh daganganya akan laku terjual.

Ketua Bumdes Karya Abadi Desa Kertasari, Mahram menjelaskan, Bumdes Karya Anadi keseharianya bergerak dalam usaha jual beli ternak domba, kambing dan sapi. Tiap harinya tidak kurang menjual domba potong sebanyak 15 samapi 20 ekor dan diluar itu  tiap pekannya mampu menjual 75-100 ekor domba yang dijual ke Bekasi, Tangerang dan Jakarta.

Sedangkan domba, kambing untuk hewan qurban penjualannya dijajakan di pinghir jalan raya Cianjur – Bandung. Harga hewan qurban siap potong sangat vareatif. Antara kisaran Rp. 2 juta sampai dengan Rp. 4 juta per ekornya. Hal itu pihaknya mampu menjual hewan qurban domba, kambing 5 sampai 7 ekor tiap harinya.

Hingga kini domba, kambing dan sapi hewan qurban yang belum terjual sebanyak kurag lebih sebanyak 55 ekor lagi. “ Tapi kami merasa optimis pada akhir waktu pemotongan hewan qurban nanti akan habis terjual laris manis,” ucap Mahram pada awak  media.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Haurwangi, Ustadz Agus Muharam (50) menambahkan, Bumdes Karya Abadi bergerak dalam usaha jual beli domba, kambing dan sapi yang tiap hanya mengisi pasar daging domba dan kambing ke Jakarta dan Bekasi.

Selain itu, seluruh hewan qurban yang dijual selain harganya sedikit miring dibanding penjual lainnya, juga seluruh hewannya terlihat sehat dan mulus. “ Karena itu, saya  kemarin telah membelinya hewan qurban 2 ekor dari Bumdes Karya Abadi,” ucap Ustadz Agus Muharam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here