Buka Puasa Bersama antara Kodam II Siliwangi dan Polda Jabar dengan penceramah Aa Gim

Liputan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Untuk meningkatkan jalinan kerja, kemitraan dan juga ukhuwah Islamiyah, Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar menggelar acara Buka Puasa Bersama. Acara tersebut digelar di Hotel Intercontinental Jalan Dago Resort Pakar Desa Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Acara tersebut dihadiri 300 orang, Rabu (30/05),

Nampak hadir, Pangdam lll SLW Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Kapolda Jabar lrjen Pol Agung Budi Maryoto,Msi, Waka Polda Brigjen Pol. Drs.  Supratman, MH, Kasgartap Bandung Cimahi Marsma TNI Taspin Hasan Sa p. Si.p, Dan Lanal Bandung Kol Kaut Sunar, Dandim 0609/kab Bandung Letkol Arh Andre Wira K Sap, Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan SH.SIK MH, KH. Abdullah Gimnastiar Pimpinan Daarut Tauhiid, para pejabat teras Kodam Ill SLW, para pejabat teras Polda Jabar, pejabat teras Lanud Husen Sastranegara, pejabat teras Sespim Polri dan sejumlah yamu undangan lainnya.

Acara tersebut dimulai dengan penampilan Nasid Gabungan TNI, Polri, Kodim dan Polres Kuning.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Jabar dalam sambutannya mengatakan, pada intinya sinergitas TNI-Polri perlu terus dijaga secara utuh dan berkesinambungan.

Sementara Pangdam Ill Siliwangi mengatakan, silaturahmi, kerjasama dan kemitraan antara TNI- POLRI tidak bisa dihentikan begitu saja. Namun harus tetap dijaga, dipupuk dan dibina secara terus- menerus dan berkelanjutan.

Pada acara tersebut, Panglima III Siliwangi dan Kapolda Jabar memberikan penghargaan kepada anggota TNI-POLRI yang berprestasi. Selain itu, juga pemberian bingkisan kepada siswa-siswi pesantren dari Tanjungsari, Sumedang yang berprestasi.

Menjelang buka puasa, diselenggarakan acara Kuliah Tujuh Menit (Kultum). Acara tersebut dibawakan oleh KH. Abdullah Gimnastiar atau yang dikenal dengan sapaan Aa Gim.

Dalam Kultumnya Aa Gim mengatakan, perkara silahturahim bukan masalah fisik tapi hatinya jauh. Jadi silahturahmi lebih besar nyambungnya ke hati. “ Walau kita tidak saksikan, walau kita tidak langsung, tapi pakai hati itu lebih merasakan,” kata Aa Gim.

Selanjutnya Aa Gim mengatakan, sebagai manusia jangan “Tengil” yang artinya, Takabur, Egois, n Galak, Iri, licik. Jangan menganggap remeh orang lain dan dia merasa hebat. Padahal akan gagal semuanya karena sudah tertipu oleh kebodohan.

Selanjutnya Aa Gim menebutkan, kita dihargai bukan karena pangkat atau kedudukan. Dan jangan meremehkan orang lain. Jangan suka egois. Kita jangan bagus topengnya tapi harus dengan isinya, buat apa juga bagus topengnya kalau dalamnya jelek. Topeng lebih bagus dan isinya juga harus bagus. “ Puasa bukan hanya melatih fisik tapi melatih hati dan mengendalikan nafsu,” jelas Aa Gim.

Setelah acara buka puasa bersama, dilanjut dengan Sholat Magrib Berjamaah.

Sementara pihak penyelenggarakan kepada awak media mengatakan, kegiatan Buka Bersama ini bertujuan untuk meningkatkan Iman dan Taqwa anggota TNI/Polri. “ Serta wujud nyata kebersamaan menjaga “SINERGITAS TNI DAN POLRI” bersama lapisan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here