Buka Bersama Tokoh Agama, Tokoh masyarakat di Ponpes At-Taqwa Cianjur

Liputan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk mepererat tali silaturahmi dengan segenap tokoh ulama, tokoh masyarakat, Dandim 0608/Cianjur beserta jajarannya, ormas dan para santri melaksanakan buka bersama di Pondok Pesantren At-Taqwa Cikidang, Cianjur (5/6).

Sebelum acara buka bersama, dilaksanakan pembagian ratusan sertifikat santri Sanlat usia tingkat dini.

Turut hadir orang tua dalam pembagian sertifikat dan pelepasan santri Sanlat pondok pesantren At-taqwa. Ada perasaan takjub melihat anak usia dini hafal bacaan surat-surat pendek Alquran, bacaan shalat dan do’a sehari-hari.

Buka bersama yang bertemakan ” Bulan Suci Ramadhan sebagai moment silaturahmi antar ulama untuk menjaga keharmonisan dan keamanan di Kabupaten Cianjur”. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan tersebut, satu sama lain bisa saling merangkul dan menjadi satu kekeluargaan.

Ditemui menjelang buka bersama, Ustad Umar pimpinan ponpes At-Taqwa mengatakan, dalam suasana silaturahmi ini, apalagi melihat Kota Cianjur sekarang, kalau tidak ada pendekatan keamanan, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “ Maka dari itu kami meminta bimbingan serta petunjuk Ibu Dandim 0608/Cianjur sebagai pihak keamanan,” kata Ustad Umar.

Dirinya berharap, semua apa yang telah terjadi, dengan diadakannya silaturahmi ini bisa clear.

Disinggung mengenai makna Ramadhan, Ustad Umar memaparkan, makna Ramadhan adalah menahan diri dari hawa nafsu, amarah, emosi, maksiat dan korupsi. Supaya bisa mendapatkan hal-hal dan kaidah yang baik selama menjalankan ibadah puasa.

Tidak hanya sampai disitu saja dalam pelaksanaan buka bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, acara berlanjut dengan melaksanakan shalat maghrib berjamaah, diskusi hingga tadarus (bagi yang mengikutinya).

Masih ditempat yang sama, Dandim 0608/Cianjur Letkol CZI Hidayati kepada awak media mengatakan, dengan diadakannya buka bersama ini, merupakan salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi. Sebagaimana yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW. “ Disini kita saling meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, sama-sama menambah saudara dan keakraban sesama muslim,” tutur Hidayati.

Selanjutnya Hidayati menegaskan, pihaknya selaku Dandim di Kodim 0608/Cianjur bersama FKPD, PORKOPIMDA dan Babinsa di masing-masing Koramil, selalu melakukan silaturahmi dengan pondok-pondok pesantren. “ Mudah-mudahan kita tidak tergolong dengan Islam radikal yang sedang gencar saat ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here