Poto bersama Direksi BPR Danapos dengan peserta Inklusi dan Literasi keuangan

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Puluhan Kepala Desa menyambut antusias Inklusi dan Literasi keuangan kepada konsumen dan masyarakat yang diselenggarakan oleh BPR Danapos. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Bydiel Panembong Cianjur, Kamis (15/11).

Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui namanya saja tapi pada kenyataannya, mereka tidak mengetahui secara persis. Artinya hanya tahu istilahnya saja tapi tidak tahu apa dan bagaimana yang sebenarnya.

Inklusi (inklusif) keuangan bisa didefinisikan  suatu kondisi dimana semua orang berusia kerja mampu mendapatkan akses yang efektif terhadap kredit, tabungan, sistem pembayaran dan asuransi dari seluruh penyedia layanan finansial.

Akses yang efektif juga termasuk layanan yang nyaman dan bertanggung jawab, pada harga yang terjangkau untuk masyarakat dan berkelanjutan untuk penyedia. Diharapkan pada akhirnya, masyarakat dapat memanfaatkan layanan finansial yang formal daripada layanan finansial yang informal.

Direksi Danapos Muhamad Ali mengatakan, berdasarkan surat dari Bupati tahun 2016,  seluruh bank diharapkan dapat memperluas pelayanan perbankan sampai tingkat desa.

” Dalam hal ini berdasarkan surat Bupati tahun 2016, kami berkewajiban untuk menerangkan kepada masyarakat tentang bagaimana fitur-fitur perbangkan,  tentang apa tabungan dan deposito. Nah, maka dari itu semuanya kita terangin ke pemangku kebijakan tingkat desa, dan saat ini kita pun hadir ditengah masyarakat,” kata Muhammad Ali setelah pelaksanaan kegiatan.

Muhammad Ali menambahkan, ketika premi LPS sudah bayar, maka akan dijamin dananya oleh pemerintah terutama LPS itu sendiri, tambahnya.

Disinggung mengenai kendala selama menjalankan program Inklusi, Direksi Danapos selama ini, mengaku tidak ditemukan adanya kendala, seperti diganti atau dipindah tangankan.

” Sejauh ini nggak ada yang seperti itu, kita kan tidak mengenal ganti tangan. Dia yang pinjam, ya dia yang harus bayar nggak mungkin ke yang lain”, ujarnya.

Melihat antusias dari para kepala desa yang hadir, nampak semua memiliki harapan untuk terjun langsung mengikut sertakan dirinya dalam program Inklusi dan Literasi Keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here