Laporan :Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berada di Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi Kabupaten Cianjur,  mengeluh. Pasalnya BPNT hingga kini belum pula cair.

Padahal bantuan tersebut, sangat ditunggu para KPM. Apalagi saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Karena harga sembako menjelang idul fitri tiap hari terus melonjak naik.

Salah seorang KPM Warga Desa Ciranjang Kecamatan Ciranjang, Oyo (65) mengatakan, memang benar BPNT hingga kini belum cair. Padahal bantuan tersebut sangat ditunggu – tunggu para KPM. Apalagi sekarang menjelang hari raya idul fitri, sebab harga sembako di pasaran umum  sudah mulai berangsur naik.

” seharusnya pencairan BPNT disaat menjelang hari raya pencariannya harus dipercepat, supaya para  KPM tidak merasa riskan seperti sekarang,” ucapnya.

Hal senada juga dikeluhkan KPM warga Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi, Saodah (60). Dia mengatakan, biasanya tanggal 5 setiap bulan selalu cair. Tapi BPNT untuk bulan Mei 2021, hingga sekarang belum pula cair. ” Entah kapan BPNT bulan Mei akan dicairkan,” tuturnya pada awak media.

Sementara itu, TKSK Kecamatan Ciranjang, Imas (40) membenarkan, KPM yang ada 9 Desa  di Kecamatan Ciranjang, kurang lebih ada sebanyak 5000 KPM. Imas menyebutkan, memang benar adanya  pada Mei 2021 BPNT nya belum cair. Padahal telah dilakukan koordinasi dengan pihak Korda Kabupaten Cianjur sebanyak tiga kali.

Tapi nyatanya,  BPNT untuk bulan Mei masih dalam proses pengkajian aplikasi untuk pencairan BPNT.” Karena mulai Mei 2021, selain  pengadministrasian secara manual juga akan dilakukan secara digital jadi setiap KPM menerima BPNT disetiap agen E_Warung harus dilengkapi dengan membawa KK dan KTP pribadinya masing – masing yang nantinya saat menerima bantuan  akan difoto dengan produknya,”jelas Imas.

Maka dengan adanya keterlambatan pencairan BPNT bulan  Mei 2021, pihaknya ikut prihatin. Karena para KPM saat menjelang idul fitri sangat membutuhkannya. Namun terlambatnya pencairan BPNT itu, bukan hanya di Kecamatan Ciranjang saja. “ Tapi seluruh semoga saja satu, dua hari lagi bisa cair dengan serentak,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here