BPBD Kabupaten Cianjur Sosialisasikan Pembentukan Destana di Kecamatan Cibeber

0
36

Laporan : Taufik Winata

Editor : Yanto Hidayat

CIANJUR,Metropuncaknews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Cianjur melaksanakan sosialisasi pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Mayak kecamatan Cibeber, Selasa,24/05/2022.

Desa Mayak adalah desa pertama di wilayah kecamatan Cibeber, dalam sosialisasi pembentukan Destana, dari 18 desa yang dijadwalkan BPBD kabupaten Cianjur untuk dibentuk Destana.

Kepala BPBD kabupaten Cianjur, yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD kabupaten Cianjur, Herli Permana,S.Sos.,M.Si, secara resmi membuka acara kegiatan sosialisasi pembentukan Destana di desa Mayak, setelah sebelumnya membacakan teks sambutan dari Kepala BPBD kabupaten Cianjur, M.Fatah Rizal,S.H.,M.Si.

Acara kegiatan dihadiri Forkopimcam Cibeber dan kepala desa serta BPD desa Mayak, dan 20 warga yang direkrut menjadi anggota forum Destana desa Mayak.

Kabid PK BPBD kabupaten Cianjur, Herli Permana mengatakan, pembentukan Destana akan dilaksanakan di 18 desa di wilayah kecamatan Cibeber,

“Inshaa Alloh kita akan lakukan secara bertahap, Destana akan di bentuk di 18 desa yang ada, hari ini desa mayak, besok untuk desa Cipetir, dan akan dijadwalkan desa berikutnya” ujar Herli.

Herli menjelaskan, tujuan dibentuknya Destana, selain program pemerintah kabupaten Cianjur, kabupaten Cianjur adalah daerah rangking satu rawan bencana di Jawa barat,

Hadir dalam acara pembentukan Destana desa Mayak Kapolsek Cibeber, camat Cibeber , wakil BPBD Cianjur dan jajaran Forkopimcam Cibeber / photo Taufik

” Cianjur adalah salah satu kabupaten di daerah Jawa barat rangking satu daerah rawan bencana, BPBD Cianjur mempunyai kewajiban untuk membuat desa tangguh bencana, dengan tujuan tingkat kesiapsiagaan masyarakat bisa ditingkatkan, dalam menghadapi berbagai bencana alam,” ucapnya.

Masih kata Herli, harapannya dengan Destana masyarakat lebih waspada dan lebih memahami dalam menghadapi bencana, sehingga masyarakat lebih tenang karena sudah diberikan petunjuk serta pelatihan kemampuan dalam mitigasi dan antisipasi saat bencana terjadi.

Sementara itu camat Cibeber, Epi Rusmana,S.H.,S.IP.,M.M, sebagai pimpinan wilayah kecamatan Cibeber menanggapi dibentuknya Destana di wilayah kecamatan Cibeber,

” Alhamdulillah hari ini di desa Mayak ada sosialisasi pembentukan desa tangguh bencana, dan inshaa Alloh besok diadakan di desa Cipetir, ini adalah program bupati Cianjur melalui BPBD, dalam upaya melindungi warga masyarakat, dimana daerah Cianjur, khususnya di wilayah kecamatan Cibeber termasuk daerah paling rawan bencana di kabupaten Cianjur,” kata Epi.

Epi menambahkan, “Dengan dibentuknya Destana warga masyarakat lebih memahami langkah langkah antisipasi dalam menghadapi bencana,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here