BPBD Cianjur bangun jembatan Munjul dan Tembok Penahan Tanah (TPT) Sungai Cianjur di Kampung Munjul Kecamatan Cilaku, Cianjur

Liputan :Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pembangunan jembatan Munjul dan Tembok Penahan Tanah (TPT) Sungai Cianjur di Kampung Munjul Kecamatan Cilaku, Cianjur, saat ini sedang direalisasikan. Kerusakan tersebut dampak pasca banjir besar Sungai Cianjur beberapa waktu lalu.

Tidak ditemukan adanya papan proyek dalam pembangunan tersebut. Konon katanya anggaran untuk pembangunan jembatan dan TPT bersumber dari APBD melalui pengajuan BPBD untuk penanggulangan bencana alam.

Ditemui di lokasi pembangunan, Maman selaku pengawas mengatakan, sehubungan dengan telah terjadinya bencana banjir beberapa waktu yang lalu, BPBD Kabupaten Cianjur lebih memprioritaskan pembangunan fisiknya dulu. “ Nah, sembari pembangunan berjalan dalam waktu dekat papan proyek akan segera dipasang, karena masyarakat butuh jalan,” cetusnya.

Masih menurut Maman, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera merealisasikan perbaikan pasca banjir sungai Cianjur. “ Alhasil pembangunan jembatan dan TPT ini bisa direalisasikan, walaupun ada satu titik longsor yang tidak dibangun sekarang,” kata Maman.

Disinggung mengenai sumber anggaran pembangunan lokasi tersebut, Maman menjelaskan, perealisasian pembangunan jembatan dan TPT bersumber dari APBD melalui pengajuan BPBD untuk penanggulangan bencana. .

Ditengah rasa bahagia telah dibangunnya jembatan dan TPT di kampung Munjul, masyarakat (korban), yang terkena banjir mempertanyakan ganti rugi atas kejadian tersebut.

Pendataan oleh pemerintah melalui dinas terkait sudah dilaksanakan. Namun hingga saat ini belum ada realisasinya dan warga masih menunggu kapan penggantian akan diberikan, kata seorang warga korban banjir.

“ Betul pak, jika dinilai dengan uang memang tidak seberapa, tapi buat kami hal tersebut sangat berharga,” kata korban banjir lainnya menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here