Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pohon mini atau yang lebih dikenal dengan sebutan bonsai banyak disenagi para pecinta pohon. Namun Bonsai Serut Varigata milik kang Agus Jamaludin alias Kang Agus Codet ini, nampaknya beda dengan bonsai lainnya. Terbukti hampir tiap hari, rumah Kang Agus Codet di Kampung Bojongpicung RT 02/03 Desa/Kecamatan Bojongpicung Cianjur banyak dikunjungi pencinta tanaman bonsai. Baik yang datang dari luar kota Cianjur mau warga Cianjur dan warga sekitar.

Pasalnya, ditengah ratusan pohon bonsai yang disusun rapi di kebun miliknya, terselip satu pohon Bonsai jenis Serut yang keluar daunnya berdeda dengan pohon Bonsai lainnya. Dari bonsai yang satu itu keluar daun warna putih. Karena itu, diberi nama Serut Varigata.

Tentu saja kejadian langka tersebut, membuat heboh para pencinta bonsai. Terutama yang ada di Kabupaten Cianjur juga menjadi tontonan warga setempat. Karena konon katanya, Serut Varigata akan membawa dampak keberuntungan bagi pemiliknya, gampang dapat rejeki.

Kang Agus Codet menjelaskan, dirinya menjadi pengrajin bonsai baru satu setengah tahun. Tapi sudah memiliki ratusan pohon bonsai dari berbagai jenis pohon kayu keras. Seperti Serut, Beringin Bengol, Jambu Kelutuk, Asam, Sancang, Kaliage, Bidara dan jenis kayu keras lainnya.

Dari sekian banyak jenis pohon bonsai yang ia miliki, ternyata ada satu pot  bonsai jenis Serut yang daunnya berwarna putih. Karena itu, dinamai Bonsai Setut Varigata.

Tentu saja kejadian langka tersebut, membuat banyak perhatian para pencinta bonsai. Terutama yang ada di Kabupaten Cianjur. Selain itu juga menjadi tontonan warga setempat.

Agus mengaku, mulanya ia merasa tak ada kelainan dari bonsai tersebut. Malahan tadinya mau dipotong, karena merasa janggal ditengah rimbun daun warna hijau ada setangkai daun warna putih. Tapi setelah dilihat temannya dari Cipanas, ternyata keluar daun putih itu menandakan beda generik yang nantinya akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Satu tahun lalu, Bonsai Setut tersebut, dapat beli seharga Rp. 500 ribu. Namun setelah keluar daun warna putih sudah banyak yang nawar Rp. 2,5 juta. “ Tapi tidak dijualnya karena akan dijadikan koleksi bonsai saja,” ucap Agus.

Sementara itu, salah seorang pencinta Bonsai, Dadang Suherman menambahkan, bila ada jenis bonsai yang gen nya ada dua jenis, itu tergolong unik juga langka. Seperti Serut Varigata milik Kang Agus, itu, banyak  dicari berbagai pihak, utamanya oleh berbagai pencinta Bonsai. Karena konon katanya akan menarik kesugihan bagi pemiliknya.

“ Bonsai Serut Varigata milik Kang Agus hampir tiap hari dikunjungi banyak pihak, karena selain bentuk pohonnya bagus juga memiliki daun dua warna, yakni daun warga hijau dan putih, hingga indah dipandang,” jelas Dadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here