Epul, bocah penyandang disabilitas, tiap hari ngemis di jalan

Laporan : Shandi 

Cianjur,  metropuncaknews.com – Malang, seorang bocah disabilitas terpaksa mengemis di jalanan. Usut punya usut, bocah malang tersebut diduga diterlantarkan oleh orangtuanya.

Ya, adalah Epul (18) warga Kampung Ciranji RT 01/04 Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Cianjur. Karena terpaksa untuk bertahan hidup, hampir setiap hari, dirinya berada di jalan meminta belas kasihan orang lain.

Opik (35) warga setempat memaparkan, dirinya sering melihat Epul di jalan, dan ternyata ada dugaan ‘orang tuanya membiarkan hidup seperti itu setiap harinya.

“ Kasihan juga melihatnya dan merasa prihatin, saya berharap ada bantuan dari Pemkab Cianjur melalui dinas terkait, minimalnya bisa dibantu untuk biaya pendidikan atau usaha lainnya. Biar tidak di jalanan lagi, kasihan  melihat anak harus diperlakukan seperti itu, padahal masa depannya masih panjang,” kata Opik kepada awak media, Selasa (25/9).

Beberapa warga setempat menyebutkan, ada kemungkinan orang tuanya tidak ada niatan atau tidak ada rasa untuk mengurus anaknya. Karena, selama ini dibiarkan begitu saja, bahkan tak jarang Epul juga sering dikasih uang oleh orang lain (penumpang yang mau ke arah Cianjur Selatan,red).

Parahnya lagi, apa yang didapatkan bocah malang tersebut selalu diambil orang tuanya. ” Ya, konon katanya selalu diambil oleh ibunya, kasihan juga kang,” ucap, Iwan (40) warga lainnya

Warga berharap, Epul bisa ditempatkan di tempat yang layak. Misalnya ada bantuan dari pemerintah melalui dinas terkait atau hal lainnya, biar masa depannya cerah.  Jika orangtua dan keluarganya tidak peduli atau takk mau mengurusnya.

” Kalau boleh berpendapat, bila ingin mengambil Epul, sebisa mungkin jangan pernah dikembalikan, karena kasihan selama ini dirinya diduga ditelantarkan,” ujar, Opik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here