Firman, S.H., Demisioner Ketua Karateker GMNI Kota Baubau, sekaligus Perwakilan Bidang Hukum KOSGORO Cabang Kota Baubau

Laporan : Atul Wolio

Baubau, metropuncaknews.com – Belajar dari kebijakan beberapa negara, seperti China, Korea Selatan, Iran, Italy, Malaysia, Arab Saudi, Inggris, serta  hampir seluruh negara Eropa dan USA, dalam mengambil keputusan untuk Lockdown pandemi Virus Corona (Covid-19).

Ketegasan negara-negara itu, pastinya sebuah rasa tanggungjawab dalam melindungi warganya.

Jika dikaitkan dengan Surat Wali Kota Dr. H. AS Tamrin MH, kepada Menteri Perhubungan RI, adalah ide cemerlang.

” Pemimpin patriot, pastinya melindungi ribuan nyawa masyarakat nya,” ungkap Demisioner Ketua Karateker GMNI Kota Baubau  Firman SH, Minggu (29/03/2020).

Sambungnya, harta masyarakat juga pastinya akan terjaga. Beda jika seorang sudah terpapar tentu menguras harta mereka. “ Lebih baik mencegah daripada mengobati,” tegasnya.

Melihat akses lalulintas Kota Baubau, kata Firman, Kota Baubau seharusnya sudah masuk siaga 1 (satu). Jadi sepatutnya melakukan penguncian aktivitas manusia yang muncul dari beberapa pintu masuk.

” Kebijakan Lockdown pada lalu lintas manusia ini, sembari memastikan pasokan kebutuhan pokok,” ungkapnya.

Mengingat Kota Makasar masuk zona merah, Kota Kendari serta beberapa tempat (wilayah) yang tergolong didalam zona merah.

” Pastinya kita dukung penuh Pemkot, agar secepatnya tetapkan kebijakan Karantina Wilayah (Lockdown), sebagai pencegahan kemungkinan penyebaran penyakit ini,” ujarnya.

Soal Lockdown, mantan aktivis 2016 ini menjelaskan, pembatasan penduduk suatu wilayah sangat penting. Pasalnya, antisipasi daerah luar yang terinfeksi atau terkontaminasi virus Corona untuk masuk.

Karantina wilayah ini, Firman kembali menegaskan, memastikan tanggungjawab pemimpin daerah dan jajarannya itu perlu. Sebab mencegah keluar-masuk orang sangat diperlukan, serta memastikan sistem orang dalam masa inkubasi dan orang dalam masa isolasi.

“Secepatnya Wali Kota keluarkan maklumat pelarangan keluar-masuknya orang,” Tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here