Asep Muhamad Anwar Solah, Imam Masjid Alwustho, Bedahan, Desa Mekargalih, Kec Ciranjang, Cianjur

Peliput : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebelum melaksanakan ibadah pusa Ramadhan disunatkan untuk membersihkan diri dari berbagai hadas. Selain itu yang paling utama membersihkan hati, bathin dari berbagai  kealfaan, kesalahan yang telah dialaminya.

Maka dengan datangya bulan suci Ramadan 1439 H, kita bisa dikatakan masih beruntung diberi umur. Hingga masih bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, untuk bertaubat memperbanyak amal ibadah.

Berbeda dengan saudara, teman atau tetangga kita belum lama ini,  meninggal dunia karena sakit, kecelakaan lalulintas atau terkena ledakan bom. Hingga tak bisa lagi bersama melaksanakan ibadah puasa.

Karena itu, bagi kita yang masih berada dimuka bumi juga beriman, diharapkan untuk mampu melaksanakan ibadah puasa, sesuai dengan Firman Allah SWT, dalam Al-Qur’an surat Albaqarah ayat 183-184. “Hai orang-orang yang beriman, dipardukan atas kamu berpuasa sebagaimana telah dipardukan atas umat-umat yang terdahulu pada kamu, semoga kamu bertakwa,”

Karena ibadah puasa Ramadhan merupakan ibadah yang difardukan, wajib. Puasa atau menahan diri dari berbagai hal. Seperti menahan napsu, rasa lapar, rasa haus, selama satu hari. Mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenam matahari. Selama berpuasa diharapkan pula mampu menahan diri dari ucapan kata-kata yang buruk. Seperti bergunjing, memfitnah dan menjelekan prilaku orang lain.

Dalam ibadah pusa Ramadan diajurkan pula  untuk memperbayak amalan yang baik. Berdzikir, tahlil, tahmid, shalawat, memperbanyak membaca ayat suci alquran, berdoa dan dianjurkan pula  untuk memperbanyak ibadah sosial,  sodakoh, infak dan zakat fitrah.

Selain itu, pada malam harinya disunatkan pula untuk melaksanakan shalat sunat tarawih, witir dan amalan lainya yang erat kaitannya dengan ibadah puasa Ramadhan. Kemudian pada malam ramadan ada benerapa amalan dzikir menunggu malam turunnya  lailatul qadar.

“ Maka diharapkan  dalam melaksanakan ibadah puasa Romadhan sekarang, kita semua diberi kekuatan iman, islam,  lahir dan batin juga mendapat ampunan dari segala dosa, hingga difitrahkan kembali, Amiin,” Ucap Asep Muhamad Anwar Solah, Imam Masjid Alwustho, Bedahan, Desa Mekargalih, Kec Ciranjang, Cianjur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here