Laporan : Rudi Haryanto

Bandung,metropuncaknews.com – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Forum Ormas, LSM dan Komunitas Se Jawa Barat, menggelar berbagai perlombaan dan Seni Budaya Sunda yang disebut Kaulinan Urang Lembur, Sabtu (17/8). Hal tersebut dilakukan sebagi benuk kepedulian dan sebagai upaya melestarikan kesenian dan permainan tradisionil.

Kegiatan perlombaan tersebut dilaksanakan di Sekretariat Forum Ormas  LSM dan Komunitas se Jawa Barat di Jln.Sumedang No.4 Kota Bandung.

Kiranya perlu diketahui, kini Forum Ormas,LSM dan Komunitas se Jawa Barat mempunyai Saung Sunda Formas Jabar. Saung tersebut terbuat dari serba dari bambu dan terlihat lebih tradisional.

Sementara perlombaan yang dilaksanakan diantaranya lomba makan krupuk, lomba membawa kelereng dengan sendok, balon jepit, balap karung dan lomba menumpahkan terigu dari kepala ke kepala,

Menurut Ketua Forum Ormas, LSM dan Komunitas se Jawa Barat, kegiatan tersebut dilaksanakan secara spontan dalam rangka hari memperingatai dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74.

” Kita coba mengisi kemerdekaan ini dengann permainan alat kaulinan urang lembur, permainan tradisional seperti balap karung, tarik tambang, kelereng, lomba Joged dan karaoke yang biasa di mainkan pada acara kemerdekaan,” kata Hendra Mulyana.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, Saung Sunda Forum Ormas ,LSM dan Komunitas se Jawa Barat sudah bisa digunakan untuk kegiatan kegiatan kesenian.

” Mudah-mudahan dengan cara yang sederhana ini mengandung manfaat  dan bisa bermakna untuk masyarakat, termasuk hari ini dalam memaknai kemerdekaan ini dengan semangat yang  luar biasa. semangat kemerdekaan ini harus kita maknai sebagai semangat kebangsaan, kita harus jadi manusia yang unggul  dan bangsa yang unggul. Semoga semua aktivitas yang kita kerjakan ini dapat memotivasinya,” ujar Hendra M.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here