Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Hampir semua orang, dari mulai orang dewasa sampai anak SD,  semua pasti tahu ikan cupang. Karena ikan cupang sangat tren dengan sebutan ikan adu. Seperti Jaelani Sidik warga Kp. Hegarmanah Rt. 01/01 Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Berawal dari hobi memelihara ikan cupang kini menjadi peternak ikan cupang berbagai jenis.

Jaelani Sidik (33) saat ditemui dirumahnya mengatakan, dulu ia suka sekali memelihara ikan cupang. Lama kelamaan akhirnya ia mencoba untuk breeding sendiri. “ Mulai tahun 2004 saya coba lebih fokus lagi hingga saat ini. Dengan keyakinan yang kuat alhamdulillah akhirnya semua jerih payah saya mampu memberikan hasil, walaupun hasilnya selama satu bulan, baru mampu mencapai kurang lebih Rp. 2 juta,” akunya.

Namun dngan adanya pandemi covid 19, lanjut Jaelani tentunya ruang gerak untuk pemasaran menjadi lebih sempit lagi. Karena itu,  sekarang semua pemasaran dimaksimalkan melalui jualan online.

 ” Oh ia kalau ada yang mau beli atau mau tahu koleksi ikan cupang saya bisa liat di fb dengan nama akun seabetta” ucapnya sambil tertawa.

Jaelani pun berharap, pemerintah dan dinas instansi terkait mau melirik peternak – peternak kecil seperti dirinya ini. Karena jujur, kami tentunya sangat butuh dorongan agar mampu menjadi peternak yang hebat dengan fasilitas yang cukup. “ Tidak seperti sekarang ini lahan saja dipinggir rumah dengan fasilitas seadanya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here