Benteng Van Der Wijck, benteng bersejarah yang ada di Gombong Kabupaten Kebumen

Laporan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Di Kebumen Jawa Tengah, ada sebuah benteng bersejarah peninggalan Kolonial Belanda. Yaitu Benteng Van Der Wijck.

Konon katanya, benteng ini dulu dijadikan benteng pertahanan Hindia Belanda. Dibangun sekitar abad 19. Letaknya di Kota Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Kira-kira 300 meteran dari jalan raya Kebumen – Jogyakarta.

Kini Benteng Van Der Wijck, menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Jalur Pantai Selatan. Benteng berlantai dua ini memiliki luas  3606.625 M2 dengan tinggi bangunan 9,67 M. Ditambah cerobong 3,33 m.

Di dalamnya terdapat 16 barak dengan luas masing-masing barak 7,5 X 11,32  M. Uniknya lagi, benteng ini merupakan satu satunya  benteng persegi delapan yang ada di indonesia dengan bahan baku bata merah yang hingga kini masih berdiri kokoh.

Menurut ketrangan, benteng ini dulunya merupakan tempat untuk menyimpan rempah rempah hasil rampasan dari rakyat di wilayan Kebumen, Kedu dan wilayah Kebumen Bagian Selatan. Rakyat pun melakukan perlawanan yang dipimpin Pangeran Diponegoro pada tahun 1825 sampai dengan 1830 .

Hingga benteng pun beralih fungsi menjadi benteng pertahanan. Kemudian ketika dimasa penjajahan Jepang, benteng tersebut di jadikan sekolah Peta, BKR (Badan Keamanan Rakyat) dan saat indonesia sudah merdeka dijadikan sebagai markas Kesatuan Bataliyon 406 TNI.

“ Sekarang Benteng Vand Der Wijck menjadi wisata edukasi sejarah untuk generasi penerus ,” kata Erik, salah seorang pengunjung yang agak tahu tentang keberadaan Benteng Van Der Wijck.

Kini, kompleks benteng ini menjadi Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Tak hanya itu, ada pula bangunan yang difungsikan sebagai hotel dan ruangan serba guna. Karenanya, kini  benteng Van Der Wijck juga menjadi obyek wisata andalan daerah Gombong dan sekitarnya.

Untuk itu, kini pihak pengelola juga melengkapi obyek wisata ini dengan taman bermain anak-anak. Seperti kincir putar, perahu angsa, mobil-mobilan dan lainnya. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan kereta mini yang mengangkut pengunjung dari pintu gerbang utama menuju benteng yang memang jaraknya agak jauh.

Ada pula patung dinosaurus raksasa yang pastinya membuat anak-anak menjadi senang dan gembira. Tak ketinggalan warung-warung makan yang beragam menambah semarak obyek wisata Benteng Van der Wijck.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here