Laporan :sam/Iriyanto/Yadi

Cianjur, metropuncaknews.com
Ratusan rumah penduduk di beberpa Kampung Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (01/11/2021) sekitar pukul 17.00 WIB, terendam banjir setinggi paha orang dewasa.

Terjadinya banjir tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi, hingga kali Cibala airnya meluap kepemukiman warga di beberpa Kampung, diantanya di Kampung Pos, Kampung Kaum dan Kampung Paratag Desa Sukanagara.

Ketua BPD Sukanagara Wardoyo (55) menerangkan, pada siang hari mukanya terasa panas teriknya matahari dan sekitar pukul 15.00 WIB, hujan mulai turun dan lama-kelaman semakin besar dan cukup lama. Sekitar pukul 17.00 WIB, aliran air sungai Cibala naik dengan cepat, hingga mengakibatkan banjir di beberpa Kampung dengan ketinggian air cukup pareatif ada yang setinggi paha orang dewas dan ada pula yang setinggi 2 meter

Kampung yang terpendam banjir diantaranya, Kampung Pos, Kaum, Paratag, Haur dan Kampung pertas dan tidak hanya itu saja tebing setinggi 15 meter yang berada di pinggir jalan raya Sukanagara – menuju Kecamatan Kadupandak tepatnya di Kampung Leuwi Bunder terjadi longsor hingga materialnya menutupi akses jalan.

“Hasil survey dengan Kepa Desa Sukanagara, pihaknya baru mencatat sebanyak 80 bangunan rumah yang terpendam banjir, sebahagian lagi belum tercatat secara rinci dan kerugian akibat banjir belum tercatat pula,” Ucapnya.

Selain itu, akses jalan Sukanagara menuju Kadupandak tepatnya di Kampung Kali Bunder tertup longsor, karena tebing yang berada di jalan tersebut longsor menutupi jalan sekitar 15 meter,

“Tebing setinggi 15 meter di Kampung Leuwi Buled terjadi longsor maerial longsorannya menutupi akses jalan Sukanagara – Kadupandak,”

Maka dengan itu, pihaknya mohon bantuan pada Pemkab Cianjur untuk segera menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsoran, Tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here