Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com
Belasan ribu buruh pabrik yang tergabung dalam bergai aliansi buruh yang ada di Kabupaten Cianjur, Selasa (23/11/2021) lakukan protes unjuk rasa damai pada Bupati Cianjur, tuntut kenaikan upah kerja minimum sebesar 10 %.

Unjukrasa para buruh tersebut, berjalan kaki ( longmarch) mengikuti mobil rombongan orasi, dimulai dari halaman Pabrik Aurora, Pou Yen, GSI, Trisik dan depan pabrik lainnya yang terpusat di Kecamatan Sukaluyu menuju Pendopo Cianjur

Salah seorang Ketua Aliansi Buruh KC FSMI Kabupaten Cianjur Asep Malik (42) menerangkan, unjuk rasa yang dilakukan kurang lebih 15 ribu orang buruh yang terbagabung dalam 4 aliansi buruh dan dari belasan pabrik yang ada di Kabupaten Cianjur, tiada lain menolak Undang – Undang No 11 tahun 2020, tentang cipta kerja atau Omnibus Law, menolak Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2022, berdasarkan pemerintah No. 36 tahun 2021, menolak surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan No. B-M/383/HI.01.00/11/2021 tgl 9 Nov 2021 dan minta pada Bupati Cianjur untuk segera merekomendasikan kenaikan upah minimum sebasar 10 %.

“Menolak Omnibus Law, menolak Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2022, menolak surat edaran kementerian ketenagakerjaan tgl 9 Nov 2021 dan meminta Bupati Cianjur segera menaikan upah kerja sebesar 10 persen,” ucapnya.

Bila semua tuntutan tidak segera dilaksankan, maka pihaknya akan terus menuntut melakukan lagi unjuk rasa dengan berkesinambungan juga akan melakukan protes unjuk rasa ke Provinsi dan ke Jakarta dengan membawa massa yang lebih banyak lagi, Ucapnya.

Kata Asep meneruskan, untuk protes unjuk rasa sekarang itu bila tidak ada yang memfasilitasi untuk memutuskan tuntutan atau tidak ada tanggapan dari Bupati Cianjur, maka pihaknya bersama seluruh massanya akan nginap tidur di halaman Pendopo selama belum ada keputusan maka akan tetap diam di halaman Pendopo Cianjur

“Bila sekarang Bupati Cianjur dan tidak ada yang mewakilnya untuk memberikan pernyataan tuntutan massa buruh maka massa buruh akan tidur di halaman Pendopo dengan lamanya waktu tidur tidak ditentukan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here