Laporan : Sam Apip/Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Belasan pohon besar yang berada di pinggir jalan raya Cianjur-Bandung, tepatnya yang berada di sepanjang jalan Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, tumbang diamuk angin kencang disertai hutan lebat, Rabu (23/09) sekira pukul 17.00 WIB.

Pada kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Hanya mengakibatkan rusaknya satu unit mobil CRV warna silver dan  belasan rumah milik warga Kecamatan Haurangi.

Informasi yang dapat dihimpun dilokasi kejadian, mulanya mendung sejak pukul 12.00 WIB. Tapi tidak ada tanda tanda akan turun hujan. Namun sekira pukul 16.40 WIB, mendadak datang angin kencang dari arah utara yang  disertai hujan lebat.

Akibat angin kencang tersebut, satu persatu pohon yang ada di pinggir jalan tumbang. Satu unit mobil yang sedang melintas dari arah Bandung ke Cianjur tertimpa pohon. Selain itu, 4 unit  rumah milik warga di Desa Haurwangi tertimpa pohon. Sedangkan di desa Mekarwangi di Kp Pasir Loa dan Pasir Mangga, rumah warga gentingnya berterbangan disapu angin kencang.

Arus lalu lintas dari dua arah sempat macet total terhalang pohon tumbang. Kabel jaringan listrik dan telpon putus. “ Hingga arus listrik padam,” ucap  Mahram (55) warga Kampung Raksabala yang rumahnya di pinggir jalan raya Bandung.

Sementara itu, Babinsa Desa Haurangi, Serda Haryadi mengatakan, informasi terjadinya bencana alam  angin kencang yang disertai hujan itu dari warga Desa Haurangi. Karena itu, ia saat itu pula langsung turun ke lokasi kejadian.

Nampak, di sepanjang jalan raya Bandung – Cianjur antara Kantor Kecamatan Haurangi sampai dengan jembatan Citarum banyak pohon yang tumbang menghalangi jalan raya. Di Kampung Sukamaju Desa Haurangi ada 4 pohon tumbang yang menghalangi jalan protokol. HIngga mengakibatkan kemacetan  dan ada pohon tumbang yang menimpa  3 unit bangunan rumah warga hingga rumahnya ambruk.

Yaitu rumah milik Yusuf (45), Eko (35), warga Kp Sukamaju RT 03/08, dan rumah milik H. Ujang (60) warga Kp.Haurwang RT 02 /05 Desa Haurangi. Selain itu, ada 7 rumah milik warga Kp Pasir Loa dan rumah milik warga Kp. Pasir Manggah, Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi.

“ Seluruh pohon tumbang sekarang sudah dibersihkan dan dievakuasi ke pinggir jalan oleh PUPR, BPBD Cianjur, jajaran Polsek, Koramil, Satpol PP Kecamatan, Retana dan seluruh masyarakat setempat,” kata Haryadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here