Laporan : Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Sejumlah orang tua murid Sekolah Dasar di Kecamatan Naringgul Cianjur Selatan, merasa bersyukur atas perhatian pihak Kepolisian Sektor Naringgul. Atas kepedulinya terhadap keberlangsungan belajar mengajar di rumah saat pandemi Covid-19 ini.

Saat ini proses belajar tatap muka di sekolah sudah lama diliburkan. Hal itu sesuai dengan intruksi pemerintah guna menghindari penularan virus Covid-19.

Adapun upaya yang dilakukan untuk memenuhi proses belajar murid, dilakukanlah belajar via online/daring di rumah. Namun sangat disayangkan untuk di wilayah Cianjur Selatan, proses belajar mengajar tersebut tidak berjalan mulus. Lantaran wilayahnya yang berbukit-bukit sehingga sinyal pun sulit menjangkaunya.

Mirisnya lagi, selain faktor jaringan/sinyal, kebanyakan orang tua murid masih banyak yang tidak memiliki HP jenis android. Hal itu jelas sangat mempengaruhi keberlangsungan belajar mengajar secara online/daring di wilayah tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Cianjur berinisiatif untuk meminjamkan Handie Talky (HT). Kapolsek Naringgul bergerak cepat terjun kelapangan, guna memfasilitasi belajar mengajar murid Sekolah Dasar itu. Pihaknya meminjamkan 10 HT pada guru dan orang tua murid.

” Hari ini Rabu (05/08), untuk membantu proses belajar tersebut, kami meminjamkan 10 pesawat HT ke pihak sekolah. Yang dipinjamkan HT hari ini adalah SDN Malati Kecamatan Naringgul, ada 10 kelompok yang kami pinjamkan HT,” kata AKP Yayan Suharyana.

Lanjut Yayan, kalau kondisinya masih seperti ini pihaknya berencana akan terus membantu meminjamkan HT ke semua Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Naringgul. Jadi bukan hanya SDN Malati saja yang akan dibantu.

” Melihat medan diwilayah Naringgul sangatlah wajar jika jangakauan sinyal tak sampai, belum lagi banyak orangtua yang tidak memiliki HP android. Nah, maka dari itu kami akan terus berupaya membantu orang tua murid dan pihak sekolah supaya kegiatan belajar mengajar bisa terus berjalan,” tandasnya.

Atas upaya yang dilakukan Polsek Naringgul, Kepala SDN Malati Abdul Hakim, mengucapkan terima kasih pada jajaran kepolisian yang membantu proses belajar mengajar secara online/daring dengan meminjamkan HT.

” Ya ini jelas sangat membantu sekali apalagi banyak orang tua murid yang tidak memiliki HP android dan kalaupun ada sinyalnya yang susah. Jadi menurut saya upaya pihak kepolisian itu sangat membantu sekali,” ucapnya.

Ia pun menambahkan, dari jumlah 120 murid di sekolahnya dalam proses belajar mengajarnya saat ini menggunakan HT pinjaman dari Polsek Naringgul. ” Kalau boleh jujur diwilayah Desa Malati ini, masih ada kampung yang tidak terjangkau jaringan sinyal internet. Mudah-mudahan pandemi ini bisa segera berakhir dan semua kembali normal,” tandas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here