Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Beberapa hari yang lalu, ada surat yang ditujukan pada Kepala Desa Sukaratu Kecamatan Bojongpicung Cianjjur. Surat tersebut mengatasnamakan masyarakat Desa Sukaratu. Ada pun isi suratnya, yaitu berupa tuntutan pemberhentian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pergantian seluruh Prangkat Desa Sukaratu. Surat tersebut ditembuskan ke Bupati, Inspektorat Daerah (Itda) Kabupaten Cianjur dan pada Camat Bojongpicung.

Namun sayang, surat pengaduan tersebut, tidak ada tanggal  pembuatan surat dan nomor suarat. Selain itu, diduga kuat sekitar 80% tandatangan warga itu dipalsukan oleh pembuat surat.

Dugaan pemalsuan tanadatangan warga tersebut, Jumat (11/09) dilaporkan BPD dan beberapa orang warga ke Polsek Bojongpicung. Karena memalsukan tandatangan orang lain tergolong pelanggaran hukum.

Salah seorang warga yang dikuasakan BPD Sukaratu, Iwa Kartiwa mengatakan, adanya surat pengaduan masyarakat terhadap BPD dan pada seluruh perangkat Desa Sukaratu tersebut, tandatangan masyarakatnya banyak dipalsukan beberapa orang oknum masyarakat itu sendiri.

Namun, banyak pula tanda tangan masyarakat yang asli. Tapi tandatangan itu bukan serta merta untuk mememberhentukan BPD dan seluruh perangkat Desa Sukaratu, melainkan bekas pernyataan dukungan pada Kepala Desa Sukaratu terpilih, Rahmat saat pelaksanaan Pilkades beberapa bulan lalu.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil verikasi di lingkungan masyarakat. Hingga seluruh masyarakat yang merasa tidak pernah mendatangani dan dipalsukan tandatangannya pada surat usulan permohonan pemberhentiam BPD dan perangkat desa.

Karena itu, tiap hari masyarakat berdatangan ke rumah Ketua BPD Sukaratu. Masudnaya untuk klarifikasi tanda tangan dan sekaligus membuat surat pernyataan bahwa dirinya tidak pernah menandatangani surat  yang tertera dibelakang surat pengaduan yang dilakukan oknum masyarakat.

Setelah hasil verifikasi jelas dan akurat, Iwa Kartiwa atas nama BPD dan masyarakat yang dipalsukan tandatangamnya, langsung mendatangi Polsek Bojongpicung. Para pengadu saat itu diterima Kanit Reskim Polsek Bojongpicung.

Surat Laporan Polisi (LP) telah diterima pihak pelapor. Hingga permasalah tersebut, sekarang sedang ditangani pihak Polaek Bojongpicung. “ Semoga saja pihak Polsek Bojongpicung secepatnya dapat menyelesaikan permasalahan yang kini menjadi konplik ditengah masyarakat Desa Sukaratu,” ucapnya.

Sementara itu, Kanit Sekrim Polsek Bojongpicung Ipda Teten Permana mengatakan, pihaknya telah kedatangan beberapa oramg warga Desa Sukaratu. Tujuannya mengadukan beberpa orang oknum masyarakat Desa Sukaratu yang diduga telah melakukan pemalsuan tandatangam masyarakat.  

“ Laporan masyarakat tesebut, telah diterima dan untuk hasil penelitian sementara yang tandatangannya disamakan  dengan KTP ternyata berbeda. Kaena itu dalam waktu dekat, kami akan memanggil para saksi secara bertahap,” jelas Ipda Teten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here