Pemuda Hijrah Cianjur, nampak sedang melaksanakan program BBM nya

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebagaimana yang sudah diprogramkan oleh Komunitas Pemuda Hijrah Cianjur.ID (PHC.ID), yaitu program Bersih-bersih Masjid yang akrab disebut BBM ini, ternyata mengundang banyak perhatian berbagai kalangan. Seperti diantaranya Srikandi Pemuda Pancasila dan Mahasiswa.

Hal tersebut, dibenarkan pada saat mengeksekusi Masjid Nurul Iman, yang terletak di Jalan Arief Rahman Hakim. Sebrang Toserba Yogya Dept.Store, Jumat (9/11).

Diakui Ketua PHC.ID Acuy, memang sudah banyak nama-nama masjid yang sudah masuk daftar (list) untuk dibersihkan. Namun alasan kenapa lebih memprioritaskan Masjid Nurul Iman, karena melihat jamaahnya selalu ada”, aku dia.

Selain warga setempat, masjid itu kerap kali digunakan oleh karyawan Toserba Yogya Dept. Store, musafir (sedang dalam perjalanan, red), dan para pekerja lapangan untuk menunaikan ibadah sholat wajibnya. Terlebih di sekitar lokasi, terdapat warung-warung kuliner,. “ Bisa juga dikatakan sebagai rest area,” katanya.

Melihat jamaahnya banyak terus, tapi kondisinya sangat kurang terawat. Seperti plafond interior masjid bolong-bolong, atapnya bocor, dinding ruangan mulai berjamur, wc atau tempat wudhunya kumuh. Termasuk kunci pintunya yang sudah tidak berfungsi. Sehingga ketua Pemuda Hijrah Cianjur.ID (PHC.ID) Acuy tergerak untuk menjadikan masjid tersebut target BBM minggu ini.

” Ya, kita memang sudah mengantongi daftar masjid yang mau dibersihkan, namun pada saat kita neduh dan melaksanakan shalat di Masjid Nurul Iman baru-baru ini, saya merasa terpanggil untuk membereskannya,” ungkap Acuy.

Dalam pelaksanaan program BBM yang dilaksanakan pada hari Jum’at (9/11), memang berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Karena tidak hanya bersih-bersih saja, melainkan ada bagian masjid yang harus direnovasi.

” Dengan menjunjung tinggi nilai persaudaraan squad BBM PHC.ID ini, alhamdulillah berkat ijin Alloh, kita bisa mengerjakannya, tak lupa kita juga mengucapkan terima kasih kepada relawan dari SRIKANDI PP dan mahasiswa Unsur, yang sudah meluangkan waktunya untuk membantu kami menyelesaikan renovasi Masjid Nurul Iman, mudah-mudahan program ini akan semakin lancar,” ujar Acuy.

Entah dari mana datangnya jauh diluar dugaan para pemuda hijrah ini, datanglah dua orang mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur membawa makanan, yang mengaku kagum melihat sosok yang tidak biasanya itu.

” Yang pasti sih salut sekali, biasanya orang-orang yang memang mengatasnamakan dewan atau ya DKM lah, kebanyakan juga nggak rutin membersihkan masjid, terus juga paling masjid yang diurusnya cuma masjid yang ada didekatnya yang dia urus.

Acuy menegaskan, pihaknya akan terus Istiqomah membersihkan masjid dari satu tempat ke tempat yang lain. “ Untuk itu semua,  jangankan mendapat upah yang ada malah serba modal sendiri,” ucap Diah diamini Rian Nugraha teman satu kampusnya yang datang ke lokasi BBM kemarin.

Hal-hal seperti ini yang harus ditularkan ke orang lain, lanjut Diah.  Walaupun sulit, namn karena panggilan hati, semuanya bisa dikerjakan dengan baik. “ Kecuali kalau orang yang hatinya tidak terpanggil. Ya mana mau melakukan hal seperti ini,” tukasnya.

Rian menambahkan, mungkin di Cianjur ini baru pertama ada komunitas yang mau melakukan hal seperti ini. “ Jujur saya merasa terharu melihat para pemuda hijrah ini rela meluangkan waktunya untuk membersihkan masjid seharian penuh, padahal disisi lain mereka ini juga dituntut untuk menapkahi keluarganya,” tambahnya.

Menanggapi kegiatan BBM yang dilakukan Pemuda Hijrah Cianjur.ID tersebut, Lenny Srikandi PP mengatakan, patut mendapat acungan jempol dan sangat luar biasa.

” Kami Srikandi PP Kab. Cianjur bangga punya saudara-saudara yang memang mau berubah dan bergerak Lilahita’ala, dan kami siap mendampingi terus kegiatannya,” kata dia saat dihubungi melalui telepon selularnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here