Ketua Baznas Kab Cianjur didampingi Camat Ciranjang, Keua MUI, Kades Mekargalih memberikan bantuan pada warga yang jompo dan tidak mampu

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur beserta jajarannya, salurkan bantuan langsung pada 4 Kepala Keluraga (KK) Jompo juga kurang beruntung di Kecamatan Ciranjang, Kamis (24/1).

Mereka yang mendapat bantuan adalah, Mak Odah warga Kampung Pasir Gede RT 02 /04, Ohan warga Kampung Rawabango RT 01/07, A Sadili (Uwe), Nenek Unah warga Kampung Bedahan RT 04/10 dan Mak Ubed warga Kampung Pasir Dawuan RT 02/09 Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Cianjur.  Pembagian santunan tersebut, dihadiri Camat Ciranjang, Ketua UPZ Kecamatan, Kepala Desa, Ketua BPD Mekargalih dan tokoh masyarakat setempat. 

Ketua Baznas Kabupaten Cianjur, H. Yosep Umar menjelaskan,  kunjungan dan sekaligus memberikan santunan langsung pada 4 orang jompo dan kurang beruntung itu atas adanya laporan dari pihak kecamatan melalui pihak UPZ Kecamatan Ciranjang. 

Ke 4 orang tersebut, memang layak dan sesuai dengan asnaf yang ada. Berhak untuk diberi santunan dari hasil pengumpulan zakat yang didapat selama satu tahun.  

Nilai santunan tersebut, tidak besar, Rp 5  juta per KK. Itu sifatnya hanya stimulan saja untuk meringankan beban mereka. Karena santunan dari hasil pengumpulan zakat itu, pemberiannya  harus disesuaikan denga asnaf yang ada juga warga yang nasibnya seperti itu tidak hanya di Desa Mekargalih, Ciranjang saja. Ada di desa  dan di kecamatan lainnya yang perlu dibantu pula. “ Kami berharap, bantuan tersebut benar bermanfaat bagi mereka,” Ucap H. Yosep. 

Sementara itu, Camat Ciranjang Wahyu (54) menambahkan, dengan adanya kunjungan yang sekaligus memberikan santunan pada warga jompo dan kurang beruntung dari Ketua Baznas Kabupaten Cianjur beserta jajarannya, pihaknya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih.  Semoga bantuan sosial tersebut berguna juga bermanfaat bagi yang menerimanya dan semoga Baznas Cianjur kedepannya lebih maju. 

Selain itu, pihaknya mengimbau pada kepala  beserta jajaran BPD Mekargalih, supaya berperanaktif memantau realisasi penggunaan dana satunan yang telah dan akan diberikan pihak Baznas. “ Karena takut terjadi hal yang tidak diharapkan semua pihak,” ucap Wahyu. 

Kepala Desa Mekargalih, Taryat Bibrata menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih pada Ketua Baznas Kabupaten Cianjur, Camat Ciranjang, Ketua UPZ Kecamatan Cirajang, seluruh Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat, yang telah ikut peduli membantu warga Desa Mekargalih yang dianggap kurang beruntung. 

Karena santunan yang berikan pihak Baznas Kabupaten Cianjur, akan berguna dan bermanfaat bagi yang nenerimanya. “ Terima kasih atas bantuannya semoga bermanfaat,sekecil apapun santunan yang mereka berikan mungkin nyawa bagi mereka,” kata Taryat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here