Benteng Vander Wijck

Liputan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Bagi para pemudik,liburan lebaran, selain dipakai untuk bersilarahim dengan sanak keluaega, juga dimanfaatkan untuk berwisata ke obyek wisata yang ada di daerahnya masing-masing. Bagi yang mudik ke Kebumen dan sekitarnya, Benteng Vander Wijck nampaknya jadi salah satu tujuan wisata yang banyak diminati wisatawan.

Pasalnya, Benteng Vander Wijck selain merupakan wisata edukasi sejarah, juga dilengkapi dengan berbagai arena permainan yang cukup menarik bagi tua dan muda. Seperti diantaranya, Terapi Ikan, Ayunan Anak, Kereta Wisata, Komedi Putar, Kereta Listrik, Mandi Bola, Kincir Raksasa, Arena Ferary, Bebek Air. Kolam Renang, Bom Bom Car serta permainan lainnya yang menarik.

Nah, bagi wisatawan yang mau beli oleh-oleh, di aera wisata edukasi ini, ada bazar UMKM. Bazar ini bertema ” Ojo Lali Dolan Gombong Ben Bombong”.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya Benteng Vander Wijck, pihak pengelola mengenakan tarif Rp 25 ribu. Tiket seharga itu sudah termasuk tiket ke dua wahana, Yaitu wahana Kereta Atas Benteng sama Kereta Kencana.

Tak hanya bazar, pihak pengelola pun telah menyediakan panggung hiburan. Panggung ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan yang banyak dimonati pengunjung. Seperti diantaranya, Thek-thek Banyumasan, Tembang Kenangan Koes Ploes Bersama Sikloes Band dan Live Organ Tunggal (Dangdut Mini) dan Karaoke Gratis.

Bagi pengunjung rombongan atau keluarga dari luar kota, kalau ingin menginap, tak perlu repot-repot mencari hotel atau pengnapan. Karena di Benteng Vander Wijck ini, pihak pengelola pun telah menyiapkan hotel khusus bagi para wisatawan.

Bahkan pihak pengelolapun menyediakan gedung Serba Guna untuk kegiatan-kegiatan seperti, resepsi pernikahan, ulang tahun, rapat, Reuni Akabar atau pun pertemuan dan kopdar komunitas.

Untuk lebih meningkatkan pelayanan, pihak pengelola pun menyiapakan Posko Kesehatan untuk pengunjung yang memerlukan pengobatan.

Menurut keterangan, tiap tahunnya pihak pengelola Benteng Van der Wijk selalu mengadakan kerjasama dengan  UMKM. Yaitu dengan membuat Bazar yang pedagang dan barang yang dijualnya adalah  hasil karya UMKM dan warga sekitar.

Salah seorang panitia Erik, saat dihubungi mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para pengunjung. Selain itu, untuk membantu UMKM, setiap ada acara bazar, pihaknya selalu melibatkan UMKM. Supaya produk lokal bisa ikut terangkat termasuk kerajinan tangan. Terutama kerajinan tangan hasil karya warga Gombong yang merupakan warga sekitar.

“ Ada banyak oleh-oleh yang bisa di bawa pulang pengunjung, seperti kaos, topi produk lokal maupun cemilan khas Kota Kebumen, semuanya dipasarkan UMKM di bazar ,” jelas Erik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here