Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Barudak Berkarya (Baraya) 76, merupakan salah satu ormas pemuda pendukung Partai Berkarya. Partai ini merupakan partai peserta Pemilu dengan nomor urut 7.

Berkarya 76 Kecamatan Haurwangi Cianjur ini, diketuai Endan Rahmat Safari yang juga sebagai Caleg No. Urut 6 dari Partai Berkarya. Baraya 76 dari mulai dibentuk hingga sekatang tak luput dari berbagai kegiatan yang dilakukan ditengah masyarakat Kecamatan Haurwangi.

Seperti halnya bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan keagamaan. Selain itu Baraya 76 sekarang ini tengah sibuk menggalang, membentuk koprasi serba usaha. Anggotanya diambil dari setiap desa yang ada di Kecamatan Haurwangi.  

Endan Rahmat Safari menjelaskan, Baraya76 merupakan salah satu ormas pemuda Patai Berkarya. Bergerak sesuai dengan AD/ART Ormas itu sendiri. 

Seperti bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi, budaya, pendidikan dan keagamaan. Sekarang ini tengah sibuk mendirikan  Koperasi serba usaha yang dipimpin Kang Ochim, Dadang Uwe, Lalan. Ada pun sekretariat koperasinya berada di Kampung Haurwangi, Desa/Kecamatan Haurwangi. 

Endan menyebutkan, koperasi didirikan untuk menghidupkan Ormas Baraya 76. Sekaligus untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam bidang ekonomi, pendidikan, budaya, agama dan sosial. “Intinyya bertujuan mensejahterakan masyarakat,” jelas Endan.

Sementara itu pengurus Koperasi Baraya 76, Kang Ocim didampingi Kang Dadang Uwe menambahkan, dibentuknya Koprasi Baraya 76 itu setelah melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di wilayah Kecamatan Hairwangi. 

Banyak para petani kecil yang kreatif dan inovatif. Seperti halnya mengolah hasil bumi. Membuat furniture, namun hingga kini belum memiliki wadah yang benar. Karena itu, pihaknya membuat terobosan dengan membentuk koperasi  yang sekarang disambut antusias masyarakat. 

“ Kami berharap, Koperasi Baraya 76 akan lebih maju hingga berhasil mengangkat kesejahteraan anggotanya,” Ucap Ochim yang diamini Dadang Uwe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here