Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com –  Bapenda Provinsi Jawa Barat sosialisasikan program Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) dan Samsat Jebred. Kegiatan tersebut diselenggarakan di pendopo Cianjur, Senin (1/4) sekira pukul 14.00 WIB.

Maka dengan adanya program tersebut, masyarakat Jabar tak perlu lagi mengantri untuk membayar pajak kendaraannya.

Upaya Bapenda Jabar tersebut merupakan inovasi berbasis elektronik, dengan memiliki fungsi untuk mempermudah melakukan pembayaran dan pengecekan pajak kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat.

Dalam Aplikasi tersebut dapat menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor. Baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4) se-wilayah Jabar secara online.

Untuk pembayaran pajak sendiri, bisa dilakukan di Alfamart, BJB, Indomaret, Alfamidi, Tokopedia, Bukalapak dan Kaspro. Namun, untuk melakukan pengecapan bisa dilakukan dengan cara membawa struk pembayaran ke Samsat Induk, Samsat Keliling atau Gerai Samsat.

Adapun cara-cara pembayaran kendaraan bermotor melalui aplikasi ‘SAMBARA’ yakni, pemohon harus mendownload aplikasi ‘SAMBARA’ di Play Store. Setelah selesai mendownload, buka aplikasi pilih menu info PKB, masukkan nomor polisi (kendaraan). Kemudian NIK e-KTP dan 5 digit terakhir nomor rangka. Setelah muncul kode bayar, pemohon bisa melakukan transaksi di bank-bank yang bekerja sama dengan pihak BAPENDA Jabar.

Sementara kelemahan dari Aplikasi ‘SAMBARA’ ini hanya bisa mengecek informasi yang berhubungan dengan pajak. Namun tidak bisa dipakai untuk mengecek nama pemilik atau identitas pemilik lainnya.

Berikut menu-menu yang terdapat dalam aplikasi ‘SAMBARA’:

1. Mengecek pajak kendaraan bermotor dan bayar pajak. Masyarakat Jawa Barat dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan secara online menggunakan aplikasi SAMBARA. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunduh melalui playstore. Setelah itu buka aplikasi SAMBARA dan pilih menu info PKB dan masukan plat nomor kendaraan anda. Lalu akan muncul informasi kendaraan dan pajak yang harus dibayar. Pada pojok kanan atas terdapat ikon lalu tekan. Setelah itu pilih tanda pada pojok bawah, dan anda dapat memilih pembayaran melalui SMS Banking atau Internet Banking.

2. Mengetahui jadwal Samsat keliling dan Samsat gendong. Selain dapat melakukan pengecekan kendaraan dalam aplikasi SAMBARA dapat juga mengetahui informasi tentang jadwal SAMLING (Samsat Keliling) dan SAMDONG (Samsat Gendong) di seluruh Daerah Jawa Barat.

3. Mengetahui lokasi pelayanan Samsat dan keunggulan lainnya. Yaitu dapat mengetahui lokasi pelayanan Samsat di seluruh daerah Jawa Barat. Caranya yaitu pilih fitur yang anda butuhkan setelah itu pilih kota atau kabupaten sesuai daerah anda.

Selain fitur-fitur tersebut, ada juga informasi mengenai persyaratan pendaftaran Samsat, mekanisme E-samsat dan masih banyak lagi manfaat dari aplikasi SAMBARA yang bisa anda coba.

Ditemui seusai pelaksanaan sosialisasi aplikasi Samsat berbasis online, kepala P3D BAPENDA Provinsi Jabar H. Iwan Priayatna SE. M. Kes mengatakan, Samsat Jbret ini merupakan pelayan dari Bapenda Jabar, Polda Jabar dan Pemprov Jabar untuk memudahkan masyarakat dan ini baru pertama kali dilakukan di Cianjur.

” Intinya bagaimana caranya membayar pajak melalui partner-partner yang sudah bekerja sama dengan kami, sehingga masyarakat tidak perlu mengantri lagi di kantor pajak, cukup membayar di agen saja, dan membawa struk pembayaran ke Samsat induk, Samsat keliling atau gerai Samsat,” kata Iwan.

Lanjutnya, selain itu juga untuk pembayaran pajak bisa melalui tabungan di Bank Jabar dengan cara nyicil. Jadi kalau sudah jatuh tempo dengan sendiri saldo atau debet akan terpotong untuk membayar pajak kendaraan dengan sendirinya dan masyarakat bisa berkoordinasi dengan pihak Bank untuk meminta struk tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here