Laporan : Sam Apip/Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Pandemi Covid 19 berdampak pada kehidupan masyarakat. Terutama masyarakat kelas menengah ke bawah. Bahkan, hampir disetiap wilayah, muncul “Orang Miskin Baru”. Semua itu sebagai dampak dari pandemi Covid 19.

Beruntung, ditengah keluh kesah warga itu, pemerintah mulai dari pusat, provinsi dan daerah, memberikan bantuan pada warga yang terdampak Covid 19. Namun yang namanya bantuan, tentu tidak akan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan warga.

Begitu juga bantuan kali ini yang diberikan pemerintah pada warganya. Tidak semua warga mendapat bantuan. Ada kriteria khusus bagi yang mendapat bantuan. Ujung-ujungnya, Ketua RT/RW lah yang jadi sasaran umpatan kekesalan warga.

Sebagai salah satu buktinya, lihat saja di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Tiap desa mendapat paket bantuan Sembako dari Pemkab Cianjur sebanyak 30 sampai 31 paket. Sedangkan penduduk desa jumlahnya ribuan orang.

Akibatnya, banyak yang tidak dapat bantuan. Bahkan warga Kampung Cibogo 2 RT 04/01 Desa Mekargalih Kec. Ciranjang, tak ada yang dapat bantuan paket Sembako dari Pemkab Cianjur.

“ Karena itu, saya hampir tiap hari disalahkan warga, karena dianggap tidak mampu, tidal adil, tidak didaftarkan dan cemoohan lainnya, “ ujar Ketua RT 04/01, Ami Supriatna.

Sementara itu, Ketua PAC ARWT Kecamatan Ciranjang, Apip Samlawi mengatakan, pihaknya juga merasa bingung. Karena bantuan sembako dari Pemkab Cianjur sangat terbatas. Demikian juga bantuan dari Provinsi Jawa Barat untuk warga Kecamatan Ciranjang. Konon katanya Kecamatan Ciranjang menerima kurang lebih sebanyak 789 paket. Tentu saja hal itu akan membuat kesal lagi warga miskin lainnya yang akhirnya akan memojokan Ketua RT /RW andai dirinya tidak kebagian jatah sembako.

Hal itu tidak terjadi di Kecamatan Ciranjang saja, tapi hampir terjadi di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. “ Dalam menghadapi situasi dan kondisi yang cukup rumit ini, kami mohon pada Ketua RT/RW, untuk sabar, bijak dan legowo dalam menghadapi hal tersebut, semoga apa yang para Ketua RT/RW kerjakan menjadi ibadah,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here