Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Seremtak di Kecamatan Haurwngi Kabupaten Cianjur akan segera digelar. Pasalnya seluruh panitia Pilkades disetiap desa telah bisa memastikan Bakal Calon (Balon) Kades menjadi Calon Kades.

Camat Haurwangi Iwan Karyadi menjelaskan, di Kecamatan Haurwangi ada 5 desa yang akan ikut Pilkades Serentak. Yaitu  Desa Haurwangi, Mekarwangi, Kertamukti, Cipeuyeum dan Cihea.

Dari 5 desa tersebut, ada 3 desa yang Balon nya harus ikut seleksi administrasi dan test edukasi. Karena jumlah Balon Kadesnya melebihi batas ketentuan dan aturan yang berlaku. Yakni tiap desa maksimal 5 orang Calon Kades. Sedangkan Panitia Pilkades Haurwangi, Mekarwangi dan Desa Cipeuyeum, menjaring Balon lebih dari 5 Balon Kades.

Karena itu, bagi Balon Kadesnya yang lebih dari lima Balon, diwajibkan mengikuti test edukasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu (19/01) di salah satu universitas ternama di Kabupaten Cianjur.

Maka dengan adanya test edukasi tersebut panitia Pilkades dapat mengetahui siapa saja yang lolos seleksi. Seperti untuk Desa Haurwangi yang lolos seleksi adalah, Dede Supyanudin SH, Pepep Kusnadi, Endan Rahmat Safari, Surahman, Iwan Sulaeman. Desa Mekarwangi memastikan Calon Kadesnya, Cecep Surahman, H. Asep Abdurojak, Faisal Firmansyah, Haris Apandi dan Asep Sopyan Iskandar. Sedangkan untuk Desa Cipeuyeum Calon Kadesnya adalah,  Gugun Gunawan, H.Hendrayana, Iyan  Supandi, Sugeng Novianto  dan Entis Sutisna.

Maka dengan telah diketahui siapa yang akan bersaing pada Pilkades nanti, Camat Haurwangi berpesan, agar pada pelaksanaan Pilkades Serentak nanti, dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar. “Tentunya hal itu yang diharapkan semua pihak, Untuk itu itu marilah kita jaga bersama agar Pilkades di Kecamatan Haurwangi berjalan dengan tertib, lancar dan aman serta kondusif,’ ujar Iwan Karyadi.

Sementara itu, Ketua Pilkades Mekarwangi Sutarko (50) menambahkan, pihaknya saat penjaringan Balon Kades Mekarwangi, mampu menjaring 8 orang Balon Kades. Yakni, Faisal Firmansyah, Haris Apandi, Cecep Surahman, H. Asep Abdurojak, Yayan Sopyan, Asep Sopyan Iskandar, Upit Suoriati dan Dodih.

Setelah hasil seleksi administrasi dan test edukasi maka akan diputuskan dari 8 orang Balon Kades menjadi  5 orang Calon Kades. Yaitu, Cecep Surahman, Faisal Firmansyah, Haris Apandi dan Asep Sopyan Iskandar.

Atas semua itu, Sutarko mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah ikut andil dalam pelaksana penjaringan Balon menjadi menjadi Calon Kades. Selain itu, Sutarko tak lupa memohon maaf pada 3 orang Balon Kades yang tidak lolos seleksi. “ Hal itu merupakan kesuksesan yang tertunda,” ujar Sutarko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here