Bahu Jalan Raya Cijoho kini bersih dan bebas dari sampah

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Bahu Jalan Raya Cijoho Warungtilu Desa Jamudipa Kecamatan Warungkondang, kini bersih alias bebas dari sampah. Padahal, beberapa waktu yang lalu, jalan tersebut banyak dikeluhkan warga pengguna jalan mau pun warga setempat. Karena bahu jalan dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar oleh oknum warga mau pun oknum pengguna jalan.

Hingga saat melintas di lingkungan sekitar, tercium bau tak sedap yang menyengat hidung. Semua itu terjadi karena kurang sadarnya masyarakat akan kebersihan lingkungan. Selain itu juga karena kurangnya TPS, hingga bahu jalan tersebut dijadikan (TPS) liar oleh oknum warga setempat mau pun oknum warga luar. Mereka dengan tenangnya, membuang sampah ketika mau berangkat ke pasar maupun berangkat kerja.

Keadaan tersebut sudah terjadi cukup lama. Hingga menjadi persoalan terhadap lingkungan dan terkesan sulit untuk ditangani.

Aep Saepudin (50) pemilik warung di pinggir Jalan Raya Cijoho mengatakan, beberapa bulan yang lalu bahu jalan ini sering dijadikan TPS liar oleh oknum warga pengguna jalan. Hingga banyak keluhan warga saat melintas di jalan tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, akhirnya warga pun berinisitif untuk mengkonservasi bahu jalan tersebut untuk cegah oknum warga yang membuang sampah.

” Maka dengan adanya inisiatif warga setempat, didukungan dari pemerintan setempat,  kini bahu jalan tersebut dijadikan taman guna mencegah oknum warga membuang sampah dipinggir jalan Raya Cijoho,” ujar Aep saat ditemui metropuncaknews.com, Rabu (28/11).
Sementara Itu, Camat Warung Kondang Candra Dwi Kusuma SH, membenarkan adanya kekompakan warga setempat untuk menindaklanjuti upaya pemerintah dengan membersihkan bahu jalan nasional. Tepatnya di Kampung Cijoho Warungtilu untuk mencegah banyaknya oknum warga pengguna jalan membuang sampah ditempat tersebut.

Camat menegaskan, pihaknya sangat mendukung sekali adanya inisiatif warga menata bahu Jalan Raya Cijoho. Jika dulu terlihat kumuh,  kini menjadi bersih dan bebas dari sampah. Caranya dengan membikin taman konservasi yang nantinya akan ada yang mengawasi. Maka ketika ada warga yang membuang sampah dibahu jalan tersebut, akan ditegur bahkan dikena sanksi.

Supaya kedepannya warga tidak sembarangan membuang sampah. Apalagi di bahu jalan nasional. Karena itu bukan Tempat pembuangan Sampah (TPS).

” Kami harapkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dapat terus terjaga, sebab dengan lingkungan yang bersih tentunya akan membuat rasa nyaman dan sehat bagi lingkungan kita sendiri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here