Sudah tiga tahun Bah Eem tergolek lemas menahan penyakit yang dideritanya

Liputan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Bah Eem (72), warga Kampung Pasir Limus Lebak RT 04/02,  Desa Pasirbaru Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur, menderita penyakit lumpuh. Ia tak bisa melakukan aktifitas apapun kecuali terbaring diatas kasur lapuk. Hal itu telah dialaminya sejal 3 tahun yang lalu.

Upaya pengobatan telah dilakukan oleh pihak keluarga, Namun karena kondisi sosial ekonomi yang tidak menunjang, pengobatannya  hanya mampu sampai ke Puskesmas terdekat saja. Itu pun hanya dilakukan benerapa kali saja dan yang  sering dilakukan pengobatan melali obat mampung.

Hal itu terpaksa dilakukan akibat tidak memiliki uang banyak dan tidak memiliki fasilitas kartu kesehatan apapun. Seperti BPJS Kesehatan, Askeskin, Jamkesmas dan kartu sehat lainnya. Tidak hanya itu saja, kartu Gakin, BLSM dan kartu untuk mendapat bantuan apa pun tak memilikinya.

Padalah Bah Eem tergolong keluarga kurang beruntung. Hingga menderita penyakit lumpuh, keluarga hanya pasrah. Ironisnya, Pemerintahan Desa Pasirbaru sekan cuek bebek. Karena selama menderita sakit tak pernah ada yang peduli untuk membawa ke RSU dengan biaya gratis atau peduli menjenguknya.

Yunengsih (35) putri ke duanya, saat ditemui mengatakan,  sebelum menderita penyakit lumpuh, Bah Eem tergolong orang tua yang bertanggung jawab terhadap keluarganya. Sekali pun ekonominya kurang berutung, tetap memiliki semangat hidup yang cukup tinggi. Setiap hari Bah Eem pergi ke kebun, sawah maupun ke keladang terus dilakuannya demi sesuap nasi.

Setelah jatuh sakit lumpuh pada  tiga tahun yang lalu hingga kini, Bah Eem tak pernah putus asa. Ingin terus berobat supaya lekas sembuh. Namun apa daya, karena ekonomi kurang beruntung, hingga pengobatan ke RSU belum pernah dilakukannya melainkan hanya berobat kampung.

Karena itu, keluarga Bah Eem mengharapka uluran tangan pihak lain, khususnya pada pihak Pemerintahan Desa, Kecamatan maupun Pemkab Cianjur. Bah Eem minta dibuatkan kartu kesehatan, BPJS dan kartu sehat lainnya. “ Untuk melakukan pengobatan kesehatan ke RSU Cianjur dengan layanan gratis,” tutur Yunengsih.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Pagelaran, Ujang Candra mengatakan, ia memeng pernah mendengar bahwa Bah Eem menderita kelumpuhan akibat jatuh dikebun. Karena tidak segera berobat dan lama dibiarkan maka terjadi penyakit lumpuh.

Banyak yang janggal dialami masyarakat Desa Pasirbatu, utamanya mengenai pelayanan pemerintahan desa kepada masyarakatnya. “ Hal itu perlu ditingkatkan, jangan ada kesan cuek bebek terhadap keberadaan masyarakatnya,” ucap Ujang Candra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here