Laporan: Sam/Iriyanto


Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, gelar Sosialisasi Undang – Undang (UU) Bidang Cukai yang bertempat di belakang Rung Nasi Gorejag Kampung Pasir Honje, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Senin (22/11/2021).

Sosialisasi dihadiri Forkopimcam Ciranjang, Kepala UPTD Pasar Ciranjang, tokoh masyarakat, Retana se-Kecamatan Ciranjang dan elemen masyarakat lainnya. Hal itu dilakukan, supaya masyarakat paham akan pentingnya UU Cukai.

Kabag Hukum Pemkab Cianjur, Dr Mokhamad Irfan Sofyan S. T,SH. M.Kn menerangkan, berbagai macam perundangan – undangan, itu semua disosialisasika Bagian Hukum Pemkab Cianjur, termasuk undang-undang bidang cukai rokok yang sekarang sedang disosisialisasikan.

Sosialisasi yang dilaksankan sekarang itu, dihadiri Forkopimcam Ciranjang, Kepala UPTD Pasar Ciranjang, para pedagang, Petani bakau, Retana dan elemen masyarakat diantaranya.

Dan sosialisasi undang – undang bidang Cukai yang sebagai tupoksi bagian hukum, itu merupakan satu kewajibannya, supaya seluruh masyarakat mengetahui dan memahaminya.

Mengenai beredarnya rokok ilegal tidak memakai Cukai di Kabupaten Cianjur, itu cukup banyak, hal itu diketahui dari hasil laporan kerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur, bahwa di Cianjur banyak produk rokok yang ilegal yang dijual dan dipasarkan, tentu saja hal itu merugikan Pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Makan dengan itu, dilaksankannya sosialisasi tentang undang – undang bidang cukai, semoga para pedagang dan masyarakat yang ada di Kabupaten Cianjur paham dan tidak menjual lagi rokok yang tidak bercukai, Ucapnya.

Sementara itu, Camat Ciranjang Ejen Jenal Mutakin menambahkan, dengan dilaksankannya sosiali undangan – undangan bidang cukai yang dilaksankan di Ciranjang, pihaknya menyambut antusias, kerana momentum yang seperti itu cukup memberikan wawasan pengetahuan pada masyarakat Kecamatan Ciranjang.

Kedepannya, diharapkan para pedagang yang ada di Kecamatan Ciranjang tidak lagi menjual rokok yang tidak bercukai atau rokok yang mengunakan Cukai palsu dan untuk mengetahui Cukai palsu tadi telah dijelaskan para nara sumber ketika memberikan materi sosialisasi, Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here