Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Koramil 0608-11, Bojongpicung yang diwakili Babinsa Desa Haurwangi Serda Haryadi dan masyarakat gotong – royong bangun rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Dian, warga Kampung Salakopi RT02/RW12, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Senin (10/01/2022).

Babinsa Desa Haurwangi Serda Haryadi mengungkapkan, gotong – royong membangun rumah milik keluarga Dian, rumah tersebut dibongkar warga setempat atas dasar persetujuan pemiliknya, karena saat itu kondisinya rumah sangat memprihatinkan, reyot dan hampir ambruk.

Setelah ambruk dibongkar, maka seluruh warga yang dikomandani Ketua RW, RT, langsung membangun kembali rumah milik Dian dengan ukuran yang sama dengan rumah yang dibongkar, yaitu 7×5 Meter.

Setelah melihat kekompakannya warga, maka pihaknya langsung turun tangan ikut membantu membangun rumah tersebut, dengan mengirim asbes untuk atap rumah, semen dan bahan material lainnya. Tidak hanya itu saja, tenagapun digunakan untuk mempercepat pembangunan rumah.

Gotong – royong tersebut yaitu bentuk kepedulian terhadap sesama masyarakat yang ada di wilayahnya dan sekaligus membantu meringankan beban hidup mereka. Kegiatan kerja bakti, gotong – royong itu merupakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, juga bagian dari tugas pokok TNI AD,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Haurwangi H. Dede Supyanudin menambahkan, dengan dilaksankannya pembangunan rumah milik Keluarga Dian dengan cara gotong – royong anatara Forkopimcam Haurwangi, Pemerintah Desa Haurwangi, RT/RW, tokoh agama, Forum masyarakat, Forum E_Warung dan masyarakat itu sendiri.

Hal itu merupakan kebanggaan dirinya, karena membangun rumah yang tidak layak huni, itu tidak serta merta harus mengandalkan pihak pemerintah, melainkan harus mandiri seperti sekarang dan kegiatan tersebut akan diduplikasikan pada para Ketua RT/RW lainnya yang ada di Desa Haurwangi.

“Sikap gotong – royong seperti sekarang itu, akan dijadikan percontohan dan nantinya akan diduplikasikan pada para Ketua RT/RW lainnya yang ada di Desa Haurwangi, suaka pembangunan Rutilahu tidak selamanya mengharapkan dari Pemerintah,” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here