Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Berdasarkan hasil survei dilapangan, beternak ayam pelung di Cianjur masih terbilang bagus. Hal itu terbukti dengan banyaknya peminat dan penggemar ayam pelung yang berasal dari luar kota Cianjur bahkan luar Jawa Barat, datang ke Cianjur untuk membeli bibit ayam pelung atau ayam pelung yang sudah jadi. .

Adalah Tedi Supriadi, salah seorang peternak ayam pelung di Kampung Jambudipa Desa Bangbayang Gekbrong Cianjur Jawa Barat. Tedi mengatakan, peminat ayam pelung masih cukup tinggi hingga menyebar ke berbagai daerah.

” Ya, untuk penjualannya memang tidak menentu, tapi kalau di rata-ratakan setiap bulannya bisa menjual anak ayam pelung usia satu bulanan sekitar 30 ekor dan usia lima bulan sekitar 10 ekor,” kata Tedi saat ditemui, Rabu (05/07).

Masih dikatakan Tedi, untuk ayam pelung itu bervariasi tergantung usia dan kualitas suaranya juga. Kalau usia satu bulan sepasang harganya Rp. 350 ribu. Kemudian usia 5 bulan sepasang kisaran Rp. 1 jutaan. Nah kalau yang sudah siap ikut kontes satu ekornya bisa mencapai Rp. 3 sampai 5 juta. Bahkan bisa lebih kalau memang benar-benar berkualitas.

” Saya beternak ayam pelung sejak tahun 1981 di Cianjur dan Sukabumi meneruskan bisnis yang sudah dijalani orang tua saya. Karena sudah dari dulu beternak ayam pelung, dengan berbekal pengalaman jadinya besar kecilnya tahu pasarnya,” aku Tedi.

Menurut Tedi, di Cianjur ini sebetulnya banyak komunitas ayam pelung dan kontes-kontes ayam pelung pun sering di selenggarakan. Kalau ditemukan ayam berkualitas bagus/juara, sudah pasti akan mampu mendongkrak nilai jualnya.

” Juara kontes itu biasanya harga ayam tersebut akan melambung tinggi, bahkan nggak main-main harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah,” paparnya.

Terakhir Tedi mengatakan, untuk peminat/penggemar ayam pelung banyak yang berasal dari Jabotabek, Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. ” Mengetahui pasar seperti itu, jadinya di Cianjur banyak yang beternak ayam pelung,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here