Laporan: Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com
Warga Kampung Pasir Angin RW 13 Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, sabtu (16/10/2021) gotong royong besihkan sampah, gulma dan pasir yang menggunung, nyangkut di tiang tengah jembatan kali Ciranjang.

Gotong – royong bersihkan sampah tersebut, tiada lain untuk mengantisipasi terjadinya banjir ketika musim hujan tiba, karena tumpukan sampah tersebut, merupakan pemicu terjadinya banjir.

Ketua RW13 warga Kampung Pasir Angin, Aceng Alawi (48) menerangkan, tiap musim hujan tiba, warga Kampung Pasir Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang dan Kampung Sukamanah, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung, selalu disibukan dengan adanya banjir bandang.

Karena tiang tengah jembatan penghubung dua Kampung tersebut, menjadi pemicu terjadinya banjir, air kali Ciranjang meluap ke pemukiman warga, karena sampah nyangkut di tiang tengah jembatan.

Maka dengan itu, pihaknya bersama puluhan warga melaksankan gotong – royong membersihkan sampah, gulma dan pasir yang menggunung di bawah jembatan penghubung, supaya bila musim hujan tiba, aliran air kali Ciranjang lancar tidak tersumbat sampah.

“Bersihkan sampah, gulma dan pasir yang menumpuk di bawah jembatan, itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir, aliran air kali Ciranjang supaya tidak tersumbat,” Ucapnya.

Salah seorang pemerhati pembangunan Kabupaten Cianjur, Erwin (50) menambahkan, pihaknya mengapresiasi terhadap Ketua RW 13, Beserta masyarakatnya yang telah melaksankan gotong – royong membersihkan sampah, gulma dan pasir yang menggunung di bawah jembatan Kali Ciranjang, dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Selain itu ia menyebutkan, sebenarnya membersihkan sampah, gulma dan kedangakalan aliran sungai, kali dan irigasi, itu sebenarnya kewengan BBWS Citarum provinsi dan Pihak Dinas Pengairan Kabupaten Cianjur, karena biaya untuk pengerukan aliran sungai, kali dan Irigasi, itu sudah dianggarkan pihak pemerintah, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here