Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto

Liputan : Djaka Kumara

Yogyakarta, metropuncaknews.com– Sekitar 1000 anggota militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dijajaran TNI AU Lanud Adisutjipto dan RSPAU Hardjolukito, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73.

Komandan Lanud Adisutjipto. Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M memimpin jalannya upacara yang digelar di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Jumat (1/6).

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Lanud Adisutjipto mengatakan, Pancasila adalah berkah yang indah  yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para  founding Fathers Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

“Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan, latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” paparnya.

Lebih lanjut Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M, mengatakan,  adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

“ Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir para pejabat Lanud Adi Sutjipto, RSPAU Hardjolukito dan Denhanud 474 Paskhas, para Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap Pegawai Negeri Sipil serta para siswa Sekbang di lingkungan TNI Angkatan Udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here