Tim Medis Puskesmas Cilaku

Laporan : Harus

Cianjur, metropuncaknews.com – Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah guna mengatasi penyebaran Covid 19. Salah satunya dengan cara melakukan Radid Test.  Meskipun hasilnya masih banyak yang meragukannya. Namun Rapid Test masih dianggap efektif guna mendeteksi secara dini gejala Covid 19 . 

Seperti halnya yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD( Kabupaten Cianjur melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada di Kecamatan,  mengadakan Rapid Test bagi anggota Panitia Pemunggut Suara (PPS) dan Petugas Pemutahiran DP. Pelaksanaan rafid tes Petugas Pemutakhiran Data Pemilu ( PPDP) Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Kegiatan tersebut dipusatkan di Puskesmas Cilaku, Rabu, (08/07).

Ketua PPK Cilaku Samsuri saat ditemui disela-sela pelaksanaan Rapid Test mengatakan,  hari ini sesuai jabwal khususnya anggota PPDP yang di Cilaku harus mengikuti Rapid Test. Hal tersebut sesuai dengan perintah dari KPU.

Menurut data, anggota PPDP di Cilaku ini sebanyak 226 dan yang hadir mengikuti Rapid Test sebanyak 172. “ Bagi yang belum melaksana Rapid Test, waktunya akan dijabwalkan kembali,” jelas Samsuri pada awak media.   

Sedangkan untuk anggota PPS di tingkat desa, Rapid Testnya sudah dilaksanakan sebelumnya. Hasilnya dari Rapid Test tersebut, semua anggota PPS, Non Reaktif.

Meski demikian, lanjut Samsuri, pihaknya akan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan jaga jarak. Itu diantara yang harus dilakukan suluruh anggota PPK, PPS dan PPDP.

“ Mudah-mudahan dengan mengikuti protokol kesehatan ini kita semua terhindar dari Covid 19,” ujar Samsuri.

Sementara itu Kepala Puskesmas Cilaku Yudiansyah Sutawija , SKM mengatakan, Tim Medis dari Puskesmas Cilaku telah melaksanakan rafid test terhadap Petugas Pemutakhiran  Data Pemilu ini dengan baik dan sukses.  Meskipun data yang diterima sebanyak 226 orang. Namun yang hadir untu mengikuti Rapid Test hanya 172.  “ Hal  itu cukup mengembirakan karena hasilnya semua non reaktif/negatif,” jelas Yudi. 

Selanjutnya Yudi mengatakan, kegiatan Rapid Test untuk petugas Pemilu ini bukan hari ini saja dilakukan. Sebelumnya Puskesmas Cilaku  sudah melaksanakan Rapid Test untuk anggota PPS dan Sekretariat PPS yang ada di 10 Desa di Kecamatan Cilaku. Hasilnya pun menggembirakan. Yaitu semua non reaktif/ negatif. 

Diharapkan anggota PPDP yang belum di Rapid Test itu nantinya saat di Rapid Test juga hasilnya negatif. “ Kegiatan pemeriksaan Rapid Test ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk melindungi petugas dan masyarakat agar terhindar dari penyebaran virus corana yang harus dijaga bersama,” jelas Yudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here