Anggota Panwas Se Kecamatan Ciranjang, ikuti Bintek dan Pelatihan

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 133 orang anggota Panitia Pengawas ( Pawas) se Kecamatan Ciranjang, mengikuti Bintek dan Pelatihan, Minggu (03/06). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Winaya, Pasanggrahan Kecamatan  Ciranjang. Saat acara berlangsung, jajaran Panwas Kab Cianjur, nampak hadir dan memberikan sedikit arahan pada para peserta Bintek. Acara tersebut berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Ketua Panwascam Ciranjang Bedriyono Sugiharto mengatakan, Bintek Panwas TPS, itu merupakan tahapan kerja Panwascam di setiap Kecamatan, yang mulanya proses rekrut pengawas TPS. Kegiatanya dimulai dari tgl 21- 27 bulan lalu. Kemudian diteruska proses penjaringan yang belum memenuhi kuota yakni dari 29-31 Mei 2018. Sekaligus proses pemeriksaan berkas persyaratan dan sekarang dilaksanakan Bintek Panwas secara serempak.

Setelah melalui tahap tersebut, maka terpilij sebanuak 133 orang Panwas yang ada di Kecamatan Ciranjang. Diharapkan, mereka itu mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku. “ Bisa jujur, adil dan tidak memihak pada salah satu pasangan calon gubernur,” ucap Bedriyono.

Sementara itu, salah seorang anggota Bawaslu Kab Cianjur, Tatang Sumarna SH menambahkan, Bintek Panwas itu dilaksanakan secara serentak se Kabupaten Cianjur. Malahan se Jawa Barat pada 03 Juni 2018 dimasing – masing kecamatan.

Hal itu dilakukan setelah selesai melaksanakn tahapan, rekrutmen, test wawancara dan diteruskan pada acara Bintek Panwas. Para anggota Panwas  tersebut nantina bertugas di masing-masing TPS. Mulai dari pengawasan pembuatan tempat bilik suara, petugas TPS, para saksi dari pasangan calon,  pendaftaran, pelaksanaan Pilgub, DPT KTP, Suket dan hal yang erat kaitannya dengan Pilgub nanti.

Hal itu dilakukan utuk mengoptimalkan kinerja pengawasan dilapangan nanti. Sekaligus memastikan proses tahapan pemungutan suara di masing-masing TPS  berjalan sesuai dengan  aturan perundang-undangan yang berlaku.

Diharapkan, dengan adanya Pengawas TPS  yang merupakan ujung tombak di lapangan, nantinya akan mampu meminimalisir terjadinya pelanggaran yang diakibatkan sesama penyelenggara dan peserta pemilu.

“ Sehingga Bawaslu memberikan Bintek sebagai bekal utuk menjalankan tugas, fungsi dan wewenang  Panwas TPS di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur,” ucap Tatang Sumarna SH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here