Anggota Pangkalan Udara Abd. Saleh Laksanakan Kerja Bakti di dusun Sumber Awan Desa Toyomarto, Singosari Malang

Laporan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Guna menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, anggota Pangkalan Udara Abdurachman Saleh melaksanakan kerja bakti atau kurve bersama di dusun Sumber Awan Desa Toyomarto, Singosari Malang, Selasa  (11/12).

Kegiatan tersebut dikoordinir Kasi Fasint Letkol Sus Imam Sanusi, S.T. dan Kasi Kamhanlan Letkol Pas Agustinus Tangi Bali bersama dengan satuan samping dan Instansi Kota Malang. Yaitu Batalyon Armed 1 Kostrad, Batalyon Kaveleri/Tank, Denpal Divif 2 Kostrad, Denhub Divif 2 Kostrad, PDAM Singosari, KPH Singosari, masyarakat Desa Gunungrejo dan Toyomarto.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos, mengatakan, mengapa Lanud Abd Saleh ikut andil dalam kebersihan lingkungan sumber awan, Kota Malang?

Ini mengingat karena sumber awan memiliki nilai historis bagi TNI AU dalam hal ini Lanud Abd Saleh. Sebab, Lanud Abd Saleh turut serta memanfaatkan air tersebut langsung dari sumber utama. Yaitu lereng gunung melalui saluran pipa besar. Ini merupakan pertama kali sejak masyarakat setempat menggunakannya, dan berjalan hingga saat ini.

Danlanud berharap, kurve dilaksanakan secara maksimal dan seefisien mungkin, sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan untuk perwakilan tiap-tiap satker. Target kurve ini adalah supaya lingkungan sumber air, bebas dari sampah, semak-semak dan  sumber airnya bersih dari sampah atau lumut yang dapat menyumbat pipa air.

” Rencananya kegiatan kurve ini akan dilaksanakan secara terjadwal, yang  bertujuan agar tetap terjaganya lingkungan yang bersih dan rapih sehingga menghindari lingkungan kumuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, papar Danlanud Abd Saleh.

Sementara Kasi Fasint Letkol Sus M. Imam Sanusi, S.T. selaku koordinator kegiatan menambahkan, kurvei ini selain sebagai wujud kepedulian warga Lanud Abd Saleh terhadap kebersihan lingkungan, juga  untuk menjaga keindahan dan kerapian lingkungan

” Sasaran kurve ini yaitu memotong rumput dan membersihkan ilalang, semak-belukar dan sampah di area sumber awan, mengingat tempat ini berdampingan dengan tempat wisata Candi Sumber Awan, Desa Toyomarto, Singosari Malang,” tegas Letkol Imam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here