Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi Cianjur Jawa Barat, Cecep Suraman, telah selesai membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19 sampai tingkat RT/RW. Selanjutnya, Tim Satgas tiap 3 hari sekali, melakukan penyemprotan disinsfektan di seluruh pemukiman warga dan pasilitas umum serta jalan. Seperti mushola, masjid dan perkantoran yang ada di lingkungan Desa Mekarwangi.

Seperti halnya, Minggu (19/04) Tim Satgas Desa Mekarwangi kembali melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah  penduduk desa setempat. Kegiatan kali ini dilakukan atas kerja bareng  dengan anggota DPRD Kabupaten Cianjur, Drs. H. Sapturo dan sekaligus membagi – bagikan masker para masyarakat.

Kepala Desa Mekarwangi Cecep Suraman mengatakan, gerakan penyemprotan ini telah dilakukan dimulai sejak satu hari setelah dilantik menjadi Kepala Desa (Kades). Selain itu juga membentuk Tim Satgas Covid-19 sampai dengan ke tingkat RT. Selah itu langsung melakukan gerakan penyemprotan disinsfektan disetiap pemukiman warga dan jalan – jalan umum.

Pelaksanaan penyemprotan dengan Hanspayer itu, dilakukan tiap 3 hari sekali atau sepekan 2 X. Ditambah penyemprotan jalan umum dengan menggunakan Damkar Cianjur.  Kedepan pihaknya telah memiliki program penyemprotan dengan menggunakan Mobil Damkar akan dilakukan sebanyak 9 kali lagi. Sedangkan penyemprotan dengan Hand Splayer itu direncanakan tiap 3 hari sekali.

Seperti sekarang melaksanakan penyemprotan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 dengan menggunakan Hand Splayer kerja sama dengan anggota DPRD Cianjur Drs. H, Saptuto dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas,  BPD, aparat desa, RT/RW yang datang dari setiap kampung.

Sementara, H. Sapturo tidak hanya melakukan penyemprotan saja, tapi sekaligus membagikan ratusan lembar masker pada masyarakat desa setempat. “ Kami mengucapkan terima kasih pada Drs. H. Sapturo, Binmas, Binsa, BPD, aparatur desa dan Ketua RT/RW yang telah ikut andil dalam melaksanakan penyemprotanini,” ucap Cecep Suraman.

Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, H. Sapturo menambahkan, kerja bareng dengan Desa Mekarwangi ini, merupakan suatu kepedulian pihaknya terhadap masyarakat.

Selain itu, pihaknya melaksanakan penyemprotan dan membagikan masker tersebut, bukan hanya pada masyarakat Desa Mekarwangi saja, tapi juga desa lainnya di Kecamatan Haurwangi. Bahkan juga di setiap desa yang ada di Kecamatan, Bojongpicung, Ciranjang, Sukaluyu, Karangtengah dan masyarakat desa yang ada di Kecamatan Mande.

Sapturo menyebutkan, Desa Mekarwangi, berbeda dengan desa lainnya. Karena penyemprotan disinsfektan yang dilakukan itu benar-benar terprogram. Hingga akan melaksanakan penyemprotan dengan Mobil Damkar akan terus dilaksanakan 8 kali lagi dan dengan menggunakan Hand Splayer yang akan dilaksanakan sepekan 2 kali. Artinya kegiatan ini, memang benar istimewa.

“ Karena itu wajar jika Desa Mekarwangi disebutsebagai Desa Percontohan untuk desa lainnya yang ada di Kecamatan Haurwangi pada khususnya dan pada umumnya seluruh desa yang ada di Kabupaten Cianjur,” ucap Sapturo pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here