Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Drs. Pepen Efendi Kepala Desa definitif Desa Cikondang  Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, satu bulan yang lalu meninggal dunia di salah satu RSU Kota Bandung, karena sakit.

Pelayanan di Kantor Desa Cikondang sempat vakum, karena tak memiliki Kepala Desa. Karena itu Bupati Cianjur, melalui Camat Bojongpicung mengangkat dan melantik  Andriana  sebagai Pejabat Kepala Desa Cikondang. Pelantikan Pj Kades Cikondang dilakukan di Aula Desa Cikondang, , Kamis (5/8/2021).

Pj Kepala Desa Cikondang Andriana ketika dikonfirmasi awak media, Jumat (6/8/2021) menyebutkan, dilantiknya menjadi Pj Kepala Desa Cikondang itu, bukan kemauan sendiri. Melainkan ditugaskan langsung oleh Bupati Cianjur melalui Camat Bojongpicung.

Tujuannya untuk melaksankan tugas  payanan  terhadap masyarakat. Sekaligus untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Cikondang secara demokratis.

Lebih lanjut Andriana mengatakan, berdasarkan aturan yang ada sebelum pelaksanan Pemilihan Kepala Desa Cikondang, akan dilaksanakan pemilihan Kades Antar Waktu (PAW). Karena tugas Kepala Desa depinitif yang meninggal dunia waktunya masih lebih dari 1 tahun.

Pelaksanaan pemiihan PAW, para calon Kepala Desanya dipilih secara demokrasi. Tapi bukan oleh seluruh masyarakat melainkan dipilih oleh para perwakilan masyarakat. Diantaranya Ketua RW, RT, PKK, Karangatruna dan tokoh masyarakt desa.

Andriana juga mengatakan, selain melaksankan pelayanan terhadap masyarakat, pihaknya bersama BPD dalam waktu dekat akan segera membentuk panitia PAW Kepala Desa Cikondang. Hal itu dilakukan supaya nantinya setelah  Pemkab Cianjur menentukan  waktu  pelaksanaan PAW,  maka panitia Pilkades sudah terbentuk dan terlatih.

Andri mengatakan, sebelum ditugaskan menjadi Pj Kepala Desa Cikondang, sebenarnya tahun lalu sebelum Drs Pepepn Efendi terpilih menjadi Kepala Desa, saat itu Andri juga yang menjadi Pj Kepala Desa Cikondangnya.

“ Jadi tugas menjadi Pj Kepala Desa Cikondang yang sekarang, itu merupakan yang kedua kalinya, demi suksesnya menjalankan roda pemerintahan Desa Cikondang, kami mohon doa restu dan dukungannya dari semua pihak, agar semua program yang telah dicanangkan pemerintah, dapat terealisasi sesuai harapan semua pihak,” pungkasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Cikondang, H. Surianha (57) mengatakan, dengan dilantiknya Andriana menjadi Pj Kepala Desa Cikondang, pihaknya merasa bersyukur. Karena pemimpin di Desa Cikondang  telah kurang lebih 1 bulan kosong.

“ Tapi sekarang sudah ada yang menjadi pemimpin desa yaitu Pj Kepala Desa Cikondang, semoga saja Andriana mampu menjadi Pj Kepala Desa yang amanah dan aspiratif,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here