Laporan : Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Alumni AKABRI 1989 melakukan bakti sosial di Cianjur. Kegiatan sosial tersebut merupakan pPengabdian TNI-Polri Akabri 89 sekaligus sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dari seluruh Alumni AKABRI tahun 1989. Baik dari TNI maupun Polri atas situasi dan kondisi saat ini melanda dunia, termasuk Indonesia, Yaitu Pandemi Covid 19.

Alumni AKABRI ini terdiri dari matra Darat, Laut, Udara dan Kepolisian. Mereka melakukan bhakti sosial dengan memberikan paket pangan kepada keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Cianjur. Tepatnya di Kecamatan Bojongpicung dan Ciranjang, Kamis (18/06/20).

Pejabat TNI-Polri yang tergabung dalam Akabri 1989 menyiapkan serta memberikan bantuan dalam bentuk paket sembako . Selanjutnya paket bantuan tersebut akan diberikan pada masyarakat yang terkena langsung imbas Pandemi Covid 19. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Brigjen Yehu Wangsajaya, Marsma Hadi Suryono, Kombes Robert dan Kolonel Ery Iswantoro.

Penyaluran ratusan paket sembako ini dilanjutkan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa didampingi kepala desa dengan cara door to door.Maksudnya agar tepat sasaran ke para warga yang membutuhkan.

Sebanyak 500 paket sembako disiapkan untuk kegiatan bakti sosial ini. 250 paket untuk warga Kecamatan Bojongpicung dan 250 paket lagi untuk warga Kecamatan Ciranjang.

Pemberian bantuan sosial ini diberikan pada warga Kecamatan Bojongpicung. Diantaranya warga Desa Neglasari, Bojongpicung, Sukaratu, Hegarmanah, dan Jatisari. Sedang warga di di Kecamatan Ciranjangyang mendapat bantuan adalah warga Desa Rawaselang, Pasirsereh, Pasirnangka, Sindangsaluyu, Calincing, dan Sukamaju.

Dalam sambutannya Camat Bojongpicung Ejen Jenal Mutakin menyampaikan ucapan terima kasih pada alumni AKABRI 89 yang telah membantu penanganan Covid 19 di Kabupaten Cianjur. Camat menegaskan, hadirnya bantuan ini membantu penanganan Covid 19. Terutama masalah ekonomi dan ini semoga bermanfaat dan dilimpahkan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT pada alumni AKABRI 89.

Selanjutnya, Ejen Jenal Mutakin menyampaikan, apresiasi pada alumni Akabri 89 yang telah melakukan gerakan bakti sosial. Terutama pada warga Bojongpicung yang terdampak Pandemi Covid 19. “

“ Semoga menjadi amal ibadah untuk bapak- bapak alumni  AKABRI 89 dan kami harap warga disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan,” ujar Ejen.

Mewakili alumni Akabri 89 Marsma TNI Hadi Suryono mengatakan, kegiatan ini diikuti almni dari  dari 4 angkatan. Yaitu, TNI Darat, Laut, Udara dan Polri. Maka sesuai dengan program pemerintah, pihaknya bersama-sama membantu warga yang terdampak Covid 19.

” Program tahun ini kami mengumpulkan dana dan terkumpul 22.500 paket sembako dan sekarang kita bagikan di Kabupaten Cianjur, Kecamatan Bojongpicung sebanyak 250 paket sembako dan Kecamatan Ciranjang 250 paket sembako. Alumni AKABRI 89 juga mengucapkan ucapan terima kasih pada warga yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bantuan Sosial ini juga kami lakukan di berbagai wilayah Indonesia,” ujar Hadi Suryono.

Aksi baksos alumni AKABRI 89 ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar alumninya diseluruh Indonesia. Terutama  di tempat tugas para alumni Akabri 89 dan kegiatannya telah digelar sejak Kamis 11 Juni lalu.  demikian Demikian disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam RI, Mayjen TNI Rudianto selaku Ketua Alumni Akabri 89.

“ Kami menjalankan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan pengurangan kesenjangan. Semoga pendistribusian sembako dari alumni Akabri 89 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Marsma Hadi Suryono.

Sementara Brigjen Pol Yehu Wangsajaya yang merupakan alumni Akabri 89 di tempat terpisah mengatakan, aksi solidaritas sosial yang dilaksanakan para alumni AKABRI 89 ini, merupakan wujud pengabdian yang solid antara TNI dan Polri. Kegiatannya digelar di berbagai kewilayah di Indonesia oleh para alumni AKABRI 89. Hal itu dilakukan dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“ Aksi Solidaritas Sosial alumni Akabri 89 ini merupakan tindak lanjut arahan Panglima TNI dan Kapolri untuk menggalang dan menggerakan masyarakat yang mampu untuk turut serta memberikan Bantuan Sosial kepada warga yang terdampak Pandemi Covid 19,” ujar Brigjen Yehu.

Selain itu, lanjut Brigjen Yehu menegaskan, kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih TNI-Polri pada masyarakat. Karena berdasarkan hasil survey menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI-Polri cukup tinggi. “ Terutama dalam peranannya percepatan penanganan pandemi Covid-19 diseluruh Indonesia yang tingkat tertinggi adalah institusi TNI dan ketiga Polri setelah Lembaga Kepresidenan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here