Laporan: Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Program Santunan Warga Untuk Anak Yatim Dan Kaum Dhuafa (Sawindu) merupakan program kerjasama antara Ketua RW 04 dan Ketua DKM Aslihatul Huda. Proggram Panitia SAWINDU yang terdiri dari 11 personal ini, diketahui oleh Pemerintah Desa Mekarwangi.

Menurut keteranga, kegiatan Sawindu sudah berjalan kurang lebih 1 tahun yang lalu. Tujuannya, untuk pemberdayaan masyarakat Kampung Pasirgombong. Terutama dalam hal kegiatan sosial. Masyarakat saling berbagi rejeki untuk membantu anak yatim dan kaum duafa yang ada di Pasirgombong.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap bulan. Sedangkan penggalangan dana dari para donatur mulai dari tanggal 1 dan dibagikan setiap tanggal 5 pada anak yatim dan kaum duafa.  Penyaluran dana santunan tersebut, dibagikan pada 25 anak yatim/piatu dan 70 kaum dhuafa yang ada di lingkungan RW 04 Kampung Pasirgombong Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi.

Santunan yang diberikan berupa sarana belajar (buku, pensil/pulpen, tas sekolah dan baju seragam). Sedangkan bahan sembako dan uang santunan yang dibagikan sesuai dengan kebutuhan tiap bulannya.

Kepala Desa Mekarwangi Cecep Surahman mengatakan, dengan adanya pandemi dan tidak mengurangi semangat SAWINDU untuk berbagi kepada sesama. Karena itu, kegiatan baksos bulan ini bertema Peduli dan Berbagi di Tengah Pandemi. Seperti yang dilakukan pada Kamis (5/8/2021).

” Alhamdulillah, kami masih bisa melaksanakan Baksos setiap bulan. Sasarannya adalah kaum dhuafa dan anak yatim di wilayah Desa Mekarwangi,” ungkapnya.

Cecep Surahman, menjelaskan, meski di tengah pandemi, pihaknya tetap melaksanakan baksos. Namun, tetap dengan menerapkan  protokol kesehatan dan menggunakan sistem virtual untuk menghindari terjadinya kerumunan.

” Kali ini yang dibagikan 95 paket sembako. Terdiri 70 paket untuk kaum dhuafa dan 25 paket untuk anak yatim. Setiap kaum dhuafa dan anak yatim mendapatkan paket sembako berupa beras, minyak, mie goreng dan gula,” ujarnya menegaskan.

Tidak hanya itu, untuk anak yatim mendapat tambahan uang kadeudeuh dari panitia. Kegiatan baksos berjalan dengan tertib, aman dan lancar. “ Karena selain sistem pengambilannya yang dilaksanakan secara virtual tanpa antri, panitia juga mengatur waktu pengambilannya  dibagi di satu titik dengan waktu yang berbeda,” jelas Cecep.

Hal senada dikatakn Ketua Sawindu Tatan Nuryaman. Menurut Tatan,  program ini adalah program kepedulian sosial berdasar situasi kondisi real masyarakat Kampung Pasirgombong. Yakni masyarakat yang mempunyai rejeki lebih menjadi donatur untuk membantu anak yatim dan kaum dhuafa.

Donatur Sawindu berasal dari masyarakat di Kampung Pasirgombong dan terbuka juga kepada semua masyarakat umum yang yang ingin bersedekah, berinfaq, bershodaqoh dijalan Allah. Caranya dengan  mengirimkan dana ke rekening Sawidu di Bank BRI Cipetir.

Salah seorang aktivis Sawindu Nunung Solihat mengatakan, ada dampak positif dari kegiatan Sawindu. Karena dengan adanya bantuan tersebut, membuat anak yatim dan kaum dhuafa Kampung Pasir Gombong yang menerima santunan lebih semangat dalam menjalani kehidupannya.

“ Penyaluran dana Sawindu pada anak yatim dan kaum dhuafa disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya setiap bulannya,” tuturnya.

Salah seorang warga setempat, Asum (70) yang berdomisili di Kampung Pasirgombong menyampaikan apresiasinya atas program santunan ini. Asum juga menegaskan, santunan Sawindu yang dilakukan sejak bulan Juni 2019 sangat membantu perekonomian keluarga. “ Karena saya sudah tidak bisa bekerja mencari nafkah buat keluarga dan Alhamdulillah, program yang sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” kat Asum.

Lebih lanjut Asum berharap, progam ini dapat terus dilanjutkan secara berkesinambungan. “ Itu harapan kami, semoga hal tersebut dapat terlaksana sesuai harapan semua pihak,” imbuhnya.

Di sisi lain, beberapa anak yatim yang menerima bantuan tersebut seperti Putri, mengapresiasi program yang dilaksanakan secara ritun oleh pihak Sawindu. “ Program ini  sangat bagus, meriah, dan semoga terus ingat kepada anak yatim. Semoga di bulan yang penuh berkah ini kita dapat saling berbagi dan terus diberi keberkahan yang luar biasa oleh Allah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here