Pohon tua yang dikuatirkan warga roboh akhirnya ditebang pihak PUPR

Laporan : Andri Sutisna

Cianjur, metropuncaknews.com – Pohon tua yang sempat membuat warga dan pengguna jalan was was akhirnya ditebang, Sabtu (19/01). Pohon tua yang berlokasi di Jln Raya Jangari, Kp Lolongokan, Desa Bobojong.Mande.Cianjur ini akhirnya dieksekusi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur setelah mendapatkan  rekomendasi dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Cianjur.

Penebangan pohon itu dilakukan pihak PUPR bekerja sama dengan pihak PLN. Hal ini dimaksudkan agar aliran listrik dimatikan sementara. Karena letak pohon sangat berdekatan dengan kabel listrik.

Pihak PUPR selain bekerja sama dengan PLN. untuk pengeksekusian dibantu juga oleh aparatur desa dan warga sekitar.

Kepala UPTD PUPR Wilayah IV, Hendi Juhaendi mengatakan, ada dua pohon yang ditebang saat itu. Penebangan pohon itu  berdasarkan ajuan dari kepala Desa Bobojong dan rekomendasi dari pihak BLHD. Penebangan pohon ini dimagsudkan juga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena kondisi pohon yang sudah keropos dan rapuh.

Hendi juga menambahkan, bila ada pohon yang sudah tua dan membahayakan bisa lapor ke pihak instansi terkait. Lapor ke pihak BLHD, nanti pihak BLHD akan membuat rekomendasi dan PUPR akan mengeksekusinya jika sudah ada rekomendasi dari BLHD.

Lanjut Hendi, untuk pohon yang sudah ditebang ini, kayunya diserahkan pada pihak PUPR UPTD wilayah IV.

Hamdan, warga setepat mengungkapkan, dirinya sangat berterimakasih pada pihak-pihak terkait dalam hal ini. Karena pohon ini sudah hampir roboh. Hingga warga suka takut kalau lewat sini.

“ Tapi sekarang syukur sudah di tebang, saya harap pihak-pihak yang terkait tidak hanya menerima laporan saja, tetapi coba menelusuri dan mengecek kelayakan pohon pinggir jalan agar sesuatu yang tidak di inginkan tidak terjadi” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here